Cara Mengatasi Kopling Motor Yang Slip

Cara mengatasi kopling motor yang slip – Memiliki motor dengan kekuatan tinggi tentu merupakan harapan semua orang. Apalagi bagi pria dan para pecinta biker tentu saja ingin power motor mereka lebih tampil maksimal. Masalah yang mungkin terjadi pada motor anda salah satunya adalah terjadinya slip pada kopling. Apalagi untuk motor pria tentu dilengkapi adanya kopling motor yang diinginkan performanya cukup tinggi dan tangguh untuk menemani gaya bermotor konsumen.

Akan tetapi dalam penggunaannya yang sehari-hari, tentu saja akan membuat performa kopling motor tak lepas dari masalah – masalah yang ada, salah satu masalah seperti slip yang memang rentan terjadi pada kopling motor. Apabila motor sudah mengalami masalah koplingnya terjadi slip maka ada kemungkinan besar anda tidak bisa menikmati dengan nyaman menggunakan motor tersebut, tentu keadaan seperti ini juga akan membuat performa dan kinerja motor tersebut menjadi berkurang.

Ada beberapa penyebab yang bisa menjadi kemungkinan mengapa kopling motor anda mengalami slip, diantaranya meliputi masalah seperti jarak main bebas handel yang terjadi cukup rapat sehingga bisa menjadi pemicu kopling slip. Terdapat baut-baut kopling yang kurang kerasnya, bisa jadi juga disebabkan karena kampas kopling sudah aus sehingga menjadi masalah pada motor anda, atau masalah lain bisa saja karena pelat tekan aus, mengalami permasalahan pada pegas-pegas kopling yang sedang lemah atau penyabab lainnya bisa saja karena pelumas terlalu encer sehingga tidak baik juga digunakan untuk motor anda.

Apabila keadaan kopling motor sudah terjadi seperti ini, maka langkah selanjutnya yang mesti anda lakukan adalah harus memperbaikinya, jangan biarkan masalah berlanjut hingga merambah ke masalah yang lebih serius lagi. Setelah mengenali penyebab yang terjadi dari kopling yang slip tersebut, maka anda bisa memperbaiki permasalahannya.

Bagaimana Cara Mengatasi Kopling Motor Yang Slip Dengan Cepat?

cara mengatasi kopling motor yang slip

cara mengatasi kopling motor yang slip

Setelah anda mengenali permasalahan yang ada, maka pastikan anda sudah siap untuk melakukan perbaikan pada motor anda sendiri. Jika sudah melakukan perbaikan seperti ini maka bisa memungkinkan anda untuk tidak mengeluarkan biaya terlalu tinggi karena bisa memperbaikinya sendiri. Dengan melakukan cara yang diberikan dibawah ini, anda sudah tidak perlu lagi kebingungan ketika mengalami permasalahan kopling motor yang sedang slip. Beginilah tips mengatasi kopling motor yang slip yang bisa anda gunakan :

  1. Aturlah dahulu jarak bebas, pengukurannya bisa anda lakukan dengan tuas kopling.
  2. Setelah itu pastikan terlebih dahulu, apakah permasalahan yang menyebabkan kopling slip tersebut terdapat pada bagian dalam atau bagian luarnya. Apabila memang terjadi pada bagian dalamnya, maka anda bisa melakukan langkah pertama yaitu membuka blok pada bagian kanan mesin motor.
  3. Hati-hatilah ketika membuka blok mesin tersebut, anda perlu mengingat dan memperhatikan pula bagaimana susunan serta urutan rangkaiannya supaya ketika dipasang kembali anda tidak bingung dan salah. Oleh karena itu anda harus memperhatikan perangkaian di posisi awal sehingga memudahkan ketika dipasang kembali.
  4. Apabila anda menemukan adanya komponen mesin motor yang mengalami keausan, maka secepatnya anda harus mengganti dengan komponen yang baru supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih serius lagi.
  5. Jika sudah menggantinya, tutuplah kembali bagian blok mesin kanan motor itu, ingat perhatikan susunan rangkaiannya seperti awal dilepas tadi.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kopling motor yang slip. Dengan mengetahui permasalahan dan anda mencoba memperbaikinya dengan menggunakan cara tersebut, maka tentu anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa perlu mengeluarkan biaya bengkel yang kadang tak merogoh kocek sedikit hanya untuk melakukan hal semudah ini. Selain artikel cara mengatasi kopling motor yang slip ini, anda juga bisa membaca cara mengendarai motor kopling.

Tags: #Cara Mengatasi Kopling Motor Yang Slip

Kata Kunci :