Cara Merawat Knalpot Agar Tidak Menguning

Rumahsleman.comCara Merawat Knalpot Agar Tidak Menguning – Pada setiap memiliki banyak komponen sebagai satu-kesatuan yang akan menghasilkan alat transportasi yang nyaman dan aman bila digunakan. Berbicara tentang komponen-komponen yang terdapat dalam setiap kendaraan bermotor pastinya tidak terlepas dari perawatan berkala agar dapat menjalankan fungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Salah satu perawatan yang harus diperhatikan dalam setiap kendaraan bermotor adalah melakukan perawatan lubang buang atau knalpot pada kendaraan itu sendiri.

Knalpot merupakan komponen yang termasuk cukup vital pada setiap kendaraan. Proses kegunaan knalpot motor tersebut yaitu untuk memproses kembali bahan pembakaran antara bahan bakar dengan oksigen yang terjadi diruang bakar, agar tidak dimanfaatkan sebagai tenaga tambahan.

Dan apabila knalpot tidak berfungsi maka proses pembakaran yang dihasilkan tidak optimal sehingga membuat mesin semakin bekerja ekstrim. Tidak hanya itu, jika knalpot memiliki kendala hal tersebut juga akan membuat kendaraan anada mnejadi loyo tanpa tenaga, dan untuk menempuh jarak jauh masih tidak kuat akhirnya yang terjadi adalah mogok.

Cara Merawat Knalpot Agar Tidak Menguning

Cara Merawat Knalpot Agar Tidak Menguning

Maka dari itu bagi anda yang selalu mengunakan kendaraan setiap hari, selalu rawatlah kendaraan anda sebelum perangkat-perangkat yang tersedia di dalamnya terlanjur rusak atau tdak berfungsi lagi.

  1. Bilas motor ketika terkena air hujan
    Salah satu penyebab utama yang membuat knalpot cepat kuning yaitu, air hujan. Karena air hujan tersebut mengandung kadar asam yang dapat merusak besi dalam waktu jangka panjang jika tidak dibilas ketika terkena air hujan. Dan tidak lupa setelah membilasnya anda harus mengelapnya hingga kering. Maka dari itu anda harus rajin-rajin untuk membersihkan motor setelah terkena air hujan.
  2. Bersihkan lubang buang oksigen
    Bersihkan lubang buang pada silencer dengan cara memberikan oli secukupnya dalam lubang silencer tersebut dalam waktu dua bulan sekali. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya kebocoran atau mengeroposnya knalpot pada bagian silencer maupun leher knalpot yang berdekatan dengan silencer. Karena jika terjadi kebocoran atau kropos pada knalpot ini akan menghasilkan suara yang buruk, tenaga yang terasa loyo dan tidak ramah lingkungan.
  3. Pilih knalpot yang original
    Dengan anda memilih knalpot yang original, anda akan menemukan kenyaman tersendiri untuk menggunaannya. Knalpot tidak mudah rusak dalam jangka pendek, jadi tingkat keawetannya masih bis trejamin.
  4. Olesi knalpot dengan oli
    Ketika knalpot sudah terlanjur menguning, Anda dapat mengatasinya dengan mengoleskan oli secara berkala. Aplikasikan oli tersebut di sepanjang bagian knalpot, termasuk lehernya. Tunggu selama 5-10 menit agar oli meresap ke pori-pori knalpot. Setelah itu, nyalakan mesin motor sehingga oli menguap.
    Jika tidak dengan oli, anda juga bisa menggunakan cairan portex. Karena dengan cairan ini karat atau korosi yang membandel akan mudah menghilang. Namun anda harus sangat hati-hati dalam menggunakan cairan yang sangat kuat ini, jika salah-salah mengenai blok mesin maka akan melunturkan warna blok mesin ini sendiri.
  5. Pakai Pertamax Plus untuk bercak hitam
    Sedangkan untuk menghilangkan bercak hitam karena percikan aspal yang masih baru pada knalpot atau bahkan blok mesin kendaraan ada dapat dibersihkan dengan menggunakan Pertamax Plus yang campur dengan minyak tanah dengan perbandingan 1:2 lalu oleskan secukupnya pada bercak kehitaman tersebut dan sikat dengan menggunakan sikat kecil yang masih bagus. Dengan cara tersebut, bercak yang disebabkan oleh aspal tadi akan menghilang.

Setelah membaca artikel ini kami harap anda tidak perlu risau lagi jika knalpot motor menguning. Anda dapat mengatasi masalah ini sendiri karena langkah-langkahnya sangat mudah. Selain informasi cara merawat knalpot agar tidak menguning ini, anda juga dapat membaca cara membersihkan piston atau cara mengatasi kopling motor yang slip.

Tags: #Cara Merawat Knalpot Agar Tidak Menguning

Kata Kunci :