Cara Mudah Membersihkan Blok Mesin Motor

Cara mudah membersihkan blok mesin motor – Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk dapat merawat motor supaya kinerja dan performanya tidak menurun seiring dengan berjalannya waktu. Apalagi jika motor tersebut digunakan setiap hari untuk menemani berbagai aktivitas pekerjaan kita sehari-hari. Tentu saja anda harus benar-benar memberikan perawatan dan menjaganya supaya tida mengurangi performa motor.

Biasanya bagi para pemula dalam merawat motor, masih belum mengetahui komponen-komponen motor apalagi komponen penting yang mesti kita jaga dan dirawat. Siapa yang tidak ingin menunggangi motor yang bagus serta enak digunakan? Tentu semua orang menginginkannya, namun untuk mencapai hal ini tentu saja ada beberapa hal yang mestinya anda lakukan pada motor tunggangan tersebut supaya tetap enak digunakan sepanjang masa.

Blok mesin merupakan salah satu komponen yang ada dalam motor, bagian ini tentu saja tidak boleh lepas dari perhatian anda ketika ingin melakukan perawatan dan membersihkannya. Mungkin bagi yang sudah biasa atau biker sudah mengenal dan mengerti bagian blok motor dan bagaimana merawatnya, namun hal ini tidak bisa dilakukan oleh para pemula dalam dunia motor.

Apabila anda ingin membuat blok mesin motor anda memiliki performa yang tetap sama seperti pada pertama kali membeli tentu ada perawatan yang dilakukan, perawatan ini rupanya tidak terlalu sulit apabila kita mau belajar. Asalkan saja tahu bagaimana cara untuk melakukannya tentu bisa dilakukan dengan cepat kilat. Tentu menggunakan motor tidak hanya ingin penampakan luarnya saja yang nampak apik, akan tetapi performa mesinnya juga merupakan bagian penting yang tak boleh terlewati.

Untuk bisa membersihkan blok mesin motor, anda harus memperhatikan beberapa hal karena caranya tentu saja tidak sama dengan merawat bagian luar atau body pada motor anda. Sebelum membersihkan, pastikan anda sudah mempersiapkan beberapa alat khusus yang diperlukan dalam membersihkan bagian blok mesin motor kesayangan anda. Alat dan bahan tersebut sengaja dibuat untuk dapat membersihkan adanya kotoran dan flek bandel yang nempel di motor pada bagian blok mesinya tersebut.

Perhatikan bagian blok motor tersebut, apabila penampakannya sudah mulai berubah warna menjadi agak kuning dan mulai kusam sehingga sudah tidak enak untuk dipandang, tentu membersihkannya adalah cara yang bisa membuat performa blok mesin tak menurun.

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Yang Benar

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor

Perubahan warna tersebut terjadi karena pada komponen blok mesin motor tersebut terjadi peningkatan suhu yang lebih panas, hal tersebut lantaran ditengarai beberapa faktor dari luar, seperti karena sering dijalankan sehingga tidak lepas dari serangan debu dan pasir yang menempel di motor sudah terlalu lama. Bisa juga disebabkan karena oli motor yang menempel di blok mesin tersebut ketika anda membongkar mesin motor, atau bisa jadi karena oli motor sudah mulai rusak sehingga tak menutup kemungkinan akan merembes kebagian luar motor dan mengenai blok mesin motor anda.

Setelah semua peralatan sudah siap, inilah cara membersihkannya :

  1. Bersihkan terlebih dahulu pada bagian kerakblok mesin motor anda, anda bisa menggunakan shampoo dalam hal ini namun perlu diingat gunakan shampoo khusus untuk mencuci motor bukan shampoo rambut.
  2. Cara kedua ini dilakukan apabila cara pertama ternyata tidak berhasil untuk membersihkan blok motor anda. Pada cara ini anda bisa mengunakan sabun cuci, biasanya orang-orang sudah tidak asing dengan penggunaan sabun cuci untuk membersihkan blok mesin motor karena cara tersebut cukup efektif untuk mengusir kotoran yang menempel dan kerak pada blok mesin.
  3. Apabila kerak yang menempel cukup bandel sehingga susah dibersihkan, maka anda perlu menerapkan cara ketiga ini yaitu dengan menggunakan pembersih dari obat pembersih keramik, cara yang satu ini pasti akan membuat blok mesin motor kembali kinclong dari noda membandel.

Mungkin sampai disini postingan dari saya mengenai cara membersihkan blok yang semoga bermanfaat. Kami dari tim Rumahsleman akan terus berbagi tips mengenai perawatan motor lainnya. Selain cara membersihkan blok mesin motor ini, anda juga bisa membaca Cara Merawat Knalpot dan Cara Membersihkan Piston.

Tags: #blok mesin motor #cara membersihkan blok

Kata Kunci :