Cara Mengkilapkan Body Motor

Cara untuk mengkilapkan body motor bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan oleh pengendara sepeda motor. Dengan menjaga dan merawat body motor tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi sang pemilik. Kepribadian sang pemilik sepeda motor juga dapat dilihat dari bagaimana dia merawat barang-barang yang dimilikinya, termasuk kendaraannya yaitu motor maupun mobil.

Sangat sukar apabila kendaraan yang setiap hari kita kendarai terlihat kotor dan tidak terawat sehingga terlihat usang di pandangannya sendiri maupun di pandangan orang lain.

Terkadang dengan kendaraan yang kotor, sang pengendara terasa tidak pede jika ingin bepergian jauh. Disaat seperti itu sering kali membuat kita merasa sedih dan tidak ingin lagi mengendarai sepeda motor tersebut.

Begini Cara Mengkilapkan Body Motor!

Cara Mengkilapkan Body Motor

Cara Mengkilapkan Body Motor

Apabila kita selalu merawat kendaraan kita secara rutin maka kepercayaan diri akan tumbuh dalam diri kita. Jadi kita tidak malu lagi untuk bepergian ke luar kota atau luar manapun.

Inilah Cara Mengkilapkan Seluruh Body Motor yang dapat anda lakukan sendiri dirumah:

1. Mencuci Motor Secara Rutin
Mencuci motor sudah menjadi kegiatan rutin yang perlu dilakukan. Mencuci motor bisa dilakukan sendiri di rumah ataupun di tempat pencucian motor. Tetapi terdapat satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu jangan terlalu sering mencuci motor anda karena bisa menyebabkan cat sepeda motor menjadi anda cepat pudar. Memang cat sepeda motor saat ini semakin tipis daripada jaman dulu. Lalu mencuci motor yang benar yaitu dengan menggunakan shampo motor yang memang khusus untuk motor.

Jangan sampai anda menggunakan detergen, sabun colek atau sabun yang lainnya. Karena detergen atau sabun apapun itu memiliki zat bahan kimia yang tidak patut digunakan pada motor dan dapat merusak kualitas cat dalam jangka panjang. Kemudian untuk mencuci, gunakanlah spons yang memiliki tekstur halus sehingga ketika menggosokkan ke body sepeda motor tidak terdapat goresan-goresan kecil yang akan merusak cat sepeda motor karena ulah spons yang kasar.
2. Keringkan Motor
Setelah mencuci motor hingga bersih dan tidak tersisa sabun yang menempel, maka langkah selanjutnya adalah pengeringan. Mengeringkan motor sebaiknya menggunakan kanebo. Gunakan kanebo dengan kualitas baik. Sebab jika keringnya tidak secara menyeluruh bisa meninggalkan noda putih yang membuat motor terlihat kotor. Gunakan microfiber waffle adalah pilihan terbaik untuk mengeringkan motor, namun harganya cenderung lebih mahal. Pada saat mengeringkan motor usahakan lap terus dibilas, fungsinya agar tidak ada kotoran yang menempel di bagian motor yang lain.
3. Beri Perawatan Minyak Motor
Kini banyak sekali produk yang beredaran di pasaran untuk mengkilapkan motor. Produk tersebut kemungkinan besar menggunakan bahan kimia yang tidak baik bagi cat sepeda motor. Maka dari itu kami menyarankan anda untuk menggunakan Minyak Goreng.

Setelah anda mencuci sepeda motor dan mengeringkan. Tunggulah beberapa menit agar motor benar-benar kering. Lalu oleskan minyak goreng secara merata ke seluruh baian body sepeda motor. Setelah minyak goreng dioleskan secara merata, ambil kain yang bersih dan halus untuk mengelap minyak goreng yang telah dioleskan tadi.

Dan jika pada bagian body terdapat kotoran yang ditimbulkan karena air hujan yang berminggu-minggu tidak dibersihkan dan menjadi kerak, anda cukup menggunakan minya kayu putih. Dengan cara meneteskan beberapa tetes di kain yang bersih lalu gosokkan pada bagian yang kotor tersebut secara perlahan agar tidak merusak cat motor. Jika olesan pertama masih belum hilang, lakukan lagi sampai kotoran tersebut memudar dan hilang. Selain informasi cara mengkilapkan body motor ini, anda juga bisa membaca tips lainnya Cara Membersihkan Blok Mesin Motor dan Cara Merawat Knalpot Agar Tidak Menguning.

Tags: #body motor #cara mengkilapkan #mengkilapkan body #mengkilapkan motor

Kata Kunci :