Solusi Atasi Jarum Bensin Motor yang Rusak

Solusi atasi jarum bensin motor yang rusak –¬†Melakukan perawatan pada kendaraan bermotor adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua pemilik kendaraan. Karena dengan perawatan yang rutin dapat membuat performa motor menjadi maksimal dan komponen yang berada didalamnya menjadi awet dan tahan lama. Tak ada satu komponen pun yang bisa diabaikan begitu saja, karena setiap komponen memiliki fungsiya masing masing. Seperti halnya pada jarum penunjuk bensin motor. Banyak orang yang meremehkan terkait masalah jarum penunjuk bensin motor yang tiba tiba mengalami kerusakan.
Pada dasarnya jarum jam motor juga memiliki fungsi yang sangat penting bagi kendaraan bermotor. Namun banyak orang yang melalaika permasalahan terseut. Kebanyakan menganggap bahwa permasalahan jarum penunjuk bensin bukanlah masalah yang serius. Jika jarum bensin tak dapat bekerja dengan baik maka secara otomatis kita tak akan mengetahui kondisi bensin dengan mudah. Anda tentu saja akan direpotkan untuk membuka tangki bensin terlebih dahulu untuk melihat seberapa banyak bensin yang terdapat pada tangki. Hal ini tentu sangat merepotkan ditambah lagi jika anda dalam kondisi terburu – buru dan lupa untuk memeriksa kondisi bensin, bisa saja anda mengalami kehabisan bensin di tengan jalan.

Bagaimana Cara Mengatasi Jarum Bensin Motor Yang Rusak?

Solusi Atasi jarum bensin Motor Yang Rusak

Solusi Atasi jarum bensin Motor Yang Rusak

Ini tentu saja tak ingin dialami oleh hampir semua pengendara motor. Karena jika kehabisan bensin maka motor akan tiba tiba berhenti begitu saja. Ditambah lagi jika motor yang anda miliki adalah motor matic, maka kehabisan bensin akan menimbulkan masalah baru pada sepeda motor anda. Selain itu jika kehabisan bensin terjadi ketika melakukan perjalanan jauh tentu akan membuat anda semakin kesusahan dalam mencari bensin terdekat.

Terdapat beberapa penyebab yang membuat jarum penunjuk bensin menjadi tak berfungsi yakni mulai pelampung di tangki, aki, sistem kelistrikan bahkan karena spidometer itu sendiri. Oleh karena itu untuk mengetahui cara mengatasinya terlebih dahulu harus diketahui sumber masalah yang menyebabkan jarum penunjuk bensin tersebut tak berfungsi.  Untuk mengetahui lebih jelas berikut adalah cara penyebab dan cara mengatasi jarum penunjuk bensin yang tak berfungsi dengan baik.

Aki

Apabila aki dalam keadaan rusak maka jarum penunjuk bensinpun juga tidak akan berfungsi dengan baik. Namun berbeda masalah arus listrik yang disambungkan melalui spul lampu. Langkah untuk mengenali ciri ciri baterai yang sudah sangat lemah cukup mudah dan tak rumit. Anda hanya perlu memeriksa buyi klakson atu tombol starter. Jika masih berfungsi dengan normal maka penyebab jarum penunjuk bensin tak berfungsi bukan lah karena kondisi aki

Pelampung

Bagian lain yang harus diperiksa setelah aki yang masih normal adalah bagian pelampung. Periksalah bagian pelampung ini dengan membuka jok motor. Kemudian biasanya disebelah ttup bensin terdapat seperti besi dengan abel yang dilekatkan dengan baut ke bodi. Setelah jok ada buka maka selanjutnya adalah buka alat tersebut dan kemudian lepas soketnya serta lakukan penyambungan dua kabel dengan menyambungkannya pada peghantar listrk atau jumper. Jika spidometer tiba tiba menyala maka dapat dipastikan komponen yang mengalami kerusakan adalah bagian pelampung. Untuk melakukan penggantian anda cukup membeli pelampung bary seharga Rp 150.000

Kelistrikan

Periksalah arah kabel yang menggerakkan jarum. Urutan yang perlu anda perhatikan adalah dimuai dari aki kemudian mengarah ke sekering selanjutnya ke kunci kontak, indikator jarum atau spidometer dan yang terakhir ke bagian pelampung. Lakukan pengetesan dengan alat khsusu pengukur arus. Apabila anda menemuan ketidak normalan maka masalahnya terdapat pada jalur kabel. Sehingga jalur kabellah yang harus dipernaiki

Spidometer

Apanila semua komponen sudah diperiksa, mulai dari aki, pelampung , hingga kelistrikan dan tak ada yang mengalami masalah, maka dapat dipastikan bahwa spidometer anda mengalami kerusakan hingga tak bisa berjalan. Dengan demikian anda harus memperbaikinya dengan dibawa ketempat ahlinya, atau sudah parah anda dapat menggantinya dengan yang baru. Selain informasi solusi atasi jarum bensin motor yang rusak ini, anda juga bisa membaca tips lainnya cara mengkilapkan body motor dan cara membersihkan blok mesin motor.

Tags: #bensin motor #jarum bensin #mengatasi jarum