Cara Ampuh Mengecek CDI Motor yang Rusak atau Mati

Terkait cara mengecek CDI motor anda akan mengetahui berbagai jenis kerusakanan dan cara mengatasinya disini. Sepeda motor memang memiliki berbagai komponen yang masing-masing memiliki peran penting dan tidak dapat ditinggalkan. Termasuk salah satunya ialah CDI. Dimana ia berperan untuk membangkitkan listrik dengan tegangan tinggi yang nantinya memancing untuk menghidupkan atau memanaskan busi sepeda motor. Oleh karena itu, CDI yang mengalami kerusakan tentunya akan memberikan dampak yang tidak baik pada sepeda motor, yakni sepeda motor tidak dapat dihidupkan. Kerusakan CDI sendiri ditandai dengan berbagai hal, salah satunya ialah adanya gejala brebet atau susah hidup, atau dapat pula mendadak mati ketika tengah menempuh perjalanan (Baca juga : Penyebab Motor Susah Hidup ) .

Cara Mengecek CDI Motor yang Rusak

Cara Mengecek CDI Motor yang Rusak

Namun, tidak seluruh tanda-tanda tersebut memang gejala kerusakan CDI. Anda perlu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi CDI sepeda motor dengan menggunakan alat ukur yang bernama voltmeter. Dengan menggunakan voltmeter, Anda pun dapat mengetahui tingginya tegangan yang dimiliki oleh CDI sepeda motor. Nah, jika memang CDI diketahui mengalami kerusakan, berikut cara memperbaikinya.

  1. Langkah pertama sebelum mengukur dan mengetahui CDI pada sepeda motor, pastikan bahwa voltmeter yang digunakan mampu mengukur tegangan hingga melebihi 300 volt.
  2. Hubungkan kabel berwarna merah pada voltmeter kabel CDI ke bagian koil.
  3. Kemudian hubungkan kabel berwarna hitam pada voltmeter ke massa atau ground pada sepeda motor. Hal yang paling mudah lainnya ialah menghubungkan kabel berwarna hitam tersebut ke bagian body sepeda motor.
  4. Hidupkan sepeda motor. Anda dapat menghidupkannya dengan menggunakan elektrik starter atau pun kick starter.
  5. Mulai perhatikan jarum yang ditunjukkan oleh pengukur tegangan voltmeter. Jika jarum pada voltmeter mulai bergerak dan menunjukkan angka di atas 200 volt, maka dapat dipastikan CDI bekerja dengan sangat baik. Namun sebaliknya, jika jarum tersebut hanya diam dan tidak bergerak, maka dapat dipastikan bahwa CDI sepeda motor memang mengalami kerusakan.

Berbagai langkah di atas dapat akurat dan dipastikan kebenarannya asal kondisi tegangan dan arus listrik yang berasal dari spul atau pulser masih dapat bekerja dengan baik. Cara mengetahui 2 komponen tersebut bekerja dengan baik ialah dengan memeriksa atau melakukan pengukuran terhadap tegangan keluar dari keduanya. Caranya ialah dengan menghubungkan kabel merah ke bagian kabel spul yang menuju CDi, sedangkan kabel berwarna hitam dibuhungkan ke bodi sepeda motor.

Pengukur voltmeter memang dapat dikatakan akurat namun jika Anda tidak memiliki benda tersebut, Anda dapat melakukannya dengan cara yang lain, yakni dengan melepaskan kabel yang berada di CDI menuju ke koil. Kemudian, tempelkanlah ke bagian bodi sepeda motor. Langkah selanjutnya ialah hidupkan sepeda motor, baik dengan kick starter atau pun elektrik starter. Jika pada percobaan ini percikan api muncul, maka kemungkinan besar CDI sepeda motor memang berada dalam kondisi yang masih bagus. Anda juga dapat membaca cara memperbaiki setir motor setelah cara mengecek CDI motor yang rusak ini.

Tags: #cara mengecek #cdi motor #mengecek cdi #mengecek motor

Kata Kunci :