Cara Memperbaiki Setir Motor yang Kaku dan Berat

Bagaimana cara memperbaiki setir motor yang kaku dan berat? ini adalah pertanyaan yang belakangan ini kami terima dari para pembaca yang mengalami permasalahan pada setir motor. Banyak orang beralih menggunakan motor untuk dapat menghindari kemacetan di jalan apalagi seperti jalan di kota besar misalnya Jakarta, Surabaya dan semacamnya yang tentu saja tak bisa terhindarkan dari kemacetan jalanan kota. Tentu saja menggunakan motor harus dilakukan dan bisa menjadi alternatif untuk datang tidak terlambat ke suatu acara karena alasan macet di jalan.

Namun memiliki motor tentu saja anda juga harus mengetahui segala komponen yang ada di dalam motor, hal ini dilakukan agar anda bisa menghindari kerusakan yang terjadi pada motor. Dengan melakukan perawatan serta menyervicenya secara rutin ke bengkel resminya maka bisa membuat umur motor cenderung lebih lama, performanya tetap kuat dan terjaga serta bisa menghindari motor dari kerusakan-kerusakan yang lama-lama jika dibiarkan maka kerusakan tersebut bisa menjadi besar.

Salah satu komponen penting dan nampak secara fisik oleh kasat mata kita pada motor adalah setir. Tentu saja setiap motor pasti memiliki setir untuk menjadi pemicu kemana kita akan pergi. Stir atau sering disebut sebagai setang stir merupakan sebuah alat kemudi yang wajib ada pada motor kita. Dengan setang stir tersebut kita bisa melakukan kendali pada motor kemana arah kita akan menjalankan motor tersebut.

cara memperbaiki setir motor yang kaku dan berat

cara memperbaiki setir motor yang kaku dan berat

Namun pada praktiknya sering kali atau beberapa kita menemui sebuah permasalahan yang terjad pada setang stir motor yang kita miliki. Permasalahan yang pada umumnya terjadi pada bagian komponen motor yang satu ini biasanya setang stri seperti berat dan kaku ketika digunakan. Dalam hal ini, biasanya ada dua penyebab umum yang bisa membuat setang stir motor yang kita miliki terasa berat dan kaku. Kedua penyebab tersebut bisa jadi karena setang stri mengalami permasalahan pada Komstir atau bisa saja masalah terjadi pada roda depan yang ada pada motor.

Tentu saja jika anda mengalami permasalah tersebut merasa berada di kondisi tidak nyaman, apalagi ketika digunakan berkendara pastilah merasa begitu terganggu apabila setang stir tiba-tiba saja mengalami rasa berat serta kaku. Dalam hal ini, jangan berpikir untuk langsung membawanya ke bengkel karena siapa tahu anda bisa memperbaikinya sendiri dirumah sehingga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk biaya bengkel.

 

Ketahui Penyebab Dan Cara Memperbaiki Setir Motor

Hal pertama dalam menghadapi masalah seperti ini adalah anda kenali dulu apa permasalahannya, setelah itu anda kenali juga penyebab pemicu masalah tersebut bisa terjadi, setelah mengenal hal-hal tersebut barulah anda bisa mencari cara bagaimana untuk memperbaikinya. Anda benar membuka artikel satu ini yang bisa memberikan anda tips atau cara untuk memperbaiki setir yang terasa berat di motor anda.

Komstir bisa anda kenali terlebih dahulu, apabila keadaan stir terasa berat dan kaku apalagi ketka anda belokkan, maka coba saja anda periksa terlebih dahulu bagian komstir motor. Pastikan komstir motor anda masih dalam keadaan baik dan tidak terjadi masalah, biasanya komstir yang mengalami masalah seperti keausan atau mungkin sudah usang karena faktor usia yang terlalu lama digunakan pada motor anda bisa jadi menjadi salah satu penyebab mengapa motor sering kaku stirnya ketika dibelokkan.

Anda bisa melakukan pemasangan pada komstir lagi, ikuti langkah berikut untuk memasang komstir :

  1. Oleslah dulu stemplet atau biasanya disebut dengan gemuk yang ada pada bagian dudukan poler komstir.
  2. Tata lagi pelor komstir motor anda yang ada pada dudukan, lakukan sampai full.
  3. Kemudian anda ambil satu biji kemudian pasang lagi.

Semoga keterangan mengenai setir motor yang kaku dan berat ini bermanfaat untuk anda. Dengan membaca artikel ini, kami berharap permasalahan pada setir motor anda dapat teratasi. Selain informasi mengenai cara memperbaiki setir motor yang kaku dan berat ini, anda juga bisa membaca tips lainnya cara merawat kampas rem dan cara atasi jarum bensin motor yang rusak.

Tags: #cara memperbaiki #memperbaiki motor #memperbaiki setir #setir motor

Kata Kunci :