Cara Merawat Kampas Rem Motor Agar Tetap Awet

Tips Merawat Kampas Rem Motor Agar Awet

Cara sederhana merawat kampas rem motor – Kendaraan motor saat ini menjadi pilihan tersendiri bagi para pengendara, dengan penggunaan yang ringan, melaju ketempat tujuan menjadi maksimal, untuk menjalankan aktivitas sehari hari motor kini menjadi andalan utama yang mampu membantu anda dalam mempercepat langka anda dalam menuju tempat tujuan. Namun tidak jarang diantara kita yang masih kurang sadar akan perawatan pada motor, salah satunya yakni permasalah dalam kampas rem, nah sering kali perawatan yang satu ini terlewatkan. Kinerja kita akan terganggu tentunya apabila motor yang kita andalkan mengalami kerusakan.

Berikut akan kami hadirkan beberapa cara merawat kampas rem agar tetap awet. Yang harus anda lakukan ialah merawat rantai , perhatikan rantai motor anda, pastikan rantai motor anda selalu bersih, karena dengan cara ini memudahkan untuk merawat kampas rem, kotoran pada rantai bisa berpengaruh besar terhadap awetnya kampas. Perhatikan juga jarak antara piringan dan kampas dan lakukan perawatan rem tromol motor karena sering terjadi tidak pakem.

Cara Merawat Kampas Rem Motor

Cara Merawat Kampas Rem Motor

Langkah selanjutnya yang harus anda perhatikan Agar kampas rem tetap awet adalah kondisi dan posisi tromol, utamanya bagian penampang dudukan cakram, baik untuk teromol baru maupun teromol bekas. Bersihkan tromol terlebih dahulu dan pastikan penampang cakram dalam keadaan bersih, pastikan permukaan dudukan cakram rata, hal ini bertujuan agar piringan cakram berputar secara simetris sehingga beban kampas rem tidak  rusak.

Rawatlah kaliper dan pin fleksible yang ada pada motor anda, hal ini bertujuan agar tekanan yang diberikan kampas rem sama rata. Nah jangan lupa juga untuk memperhatikan jarak bebas antara piringan dan kampas rem, jika anda rasa belum sempurna maka atur kembali dalam posisi yang tepat atau putar roda motor tersebut dan lihat piringan cakram tidak akan menyentuh kampas rem, itu merupakan cara setting jarak piringan dan kampas. Nah mungkin sampai disini  tips dari kami mengenai perawatan kampas rem motor yang merupakan bagian dari artikel kami. Selain informasi cara merawat kampas rem ini, anda juga bisa membaca tips lainnya solusi atasi jarum bensin yang rusak dan cara mengkilapkan body motor.

Tags: #kampas motor #kampas rem #merawat kampas #merawat rem #rem motor