Cara Menyetel Velg Motor Jeruji yang Mengalami Kerusakan

Tips dan Cara Dalam Menyetel Velg Motor Jeruji Yang Benar

Cara menyetel velg motor jeruji – Selain Ban dan Rantai, Velg adalah salah satu komponen penting pada motor yang terdapat di kaki sepeda motor. Peran atau yang dimiliki velg sendiri memang cukup penting dan sangat vital yakni menanggung berat sepeda motor sekaligus berat yang ada diatasnya atau dengan kata lain adalah velg sebagai topangan dari sepeda motor. Oleh karena iti velg menjadi komponen yang memiliki tugas paling berat. Mengingat tugasnya yang cukup berat dan menjamin keselamatan para penunggangnya Velg pun tentunya harus dirawat dengan baik dan rutin agar tak mengalami masalah sedikitpun. Selain itu juga terdapat beberapa hal khusus yang harus diperhatikan ketika merawat velg agar kondisinya tetap baik meski dimakan usia sekalipun.

Dipasaran biasanya velg terbagi menjadi dua jenis yang berbeda yakni diantaranya adalah velg racing dan juga velg jeruji. Velg yang paling umum dan sering ditemui digunakan oleh pengguna motor adalah velg jeruji atau yang juga biasa dikenal dengan sebutan velg jari – jari. Kekuatan yang dimiliki oleh velg jenis jari – jari ini tidak dapat dipastikan dengan benar dan disesuaikan dengan perawatan yang anda lakukan. Hal ini karena velg jari – jari sangat tergantung dengan kuatnya jari – jari yang menopang dan terpasang melingkari . Sehingga apabila jeruji mengalami masalah seperti longgar atau terlalu kencang, maka hal tersebut dapat sangat berpengaruh pada performa sepeda motor dan mengganggu keseimbangan serta stabilitas yang dimiliki oleh velg.

Inilah Cara Menyetel Velg Motor Jeruji Yang Mengalami Kerusakan

Cara Menyetel Velg Motor Jeruji Yang Rusak

Jika anda mengalami hal tersebut dan mengabaikan begitu saja, maka jangan kaget jika dampak buruk akan menimpa anda. Dampak pertama yang sangat anda rasakan ketika mengalami gangguan velg jari – jari adalah performa motor yang tidak maksimal dan kenyamanan dalam berkendara pun menjadi tak terjamin. Hal lain yang dapat anda rasakan adalah karena adanya ketidakstabilan dan tidak seimbang maka berpengaruh pada kecepatan motor yang akan semakin berkurang. Untuk memeriksa bahwa kondisi velg dalam keadaan tidak baik adalah anda bisa mencobanya dengan melepas stang motor yang anda miliki ketika sedang berjalan. Jika velg anda mengalami kerusakan maka anda akan merasakan arah motor ketika melaju akan ke kanan dan ke kiri. Hal ini disebabkan lantaran laju motor yang timang. Ketimpangan ini lah yang menjadi akibat permasalah velg mesin yang berpengaruh pada arah roda.  Apabila sudah mengalami permsalahan ini maka segeralah untuk melakukan sebuah perawatan, jangan menunda nunda lagi karena jika velg jeruji pada motor anda rusak akan berakibat sangat fatal.

Untuk mengatahui cara yang jelas terkait cara menyetel velg jeruji motor yang mengalami kerusakan, anda kini tak usah bingung bingung lagi. Karena berikut ini kami akan mengulas beberapa cara yang mungkin dapat anda lakukan untuk memperbaikinya sendiri.

Sebenarnya melakukan perbaikan dengan menyetel velg jari – jari motor memang tak sesusah memasang komponen lainnya di sepeda motor. Bahkan caranya pun cukup sederhada dan tak rumit sama sekali. Anda hanya perlu melakukan pengencangan atau pengenduran pada bagian jeruji yang membuat velg jeruji mengalami masalah atau velg kurang center. Namun jika anda merasakan velg jeruji telah melengkung dan keadaan menjadi tidak normal, anda hanya perlu untuk memukul jeruji yang bengkok tersebut dengan balok. Ini bertujuan untuk meluruskan bagian – bagian jeruji yang terlihat parah kerusakannya.

Namun berbeda lagi jika jeruji memang sudah dalam kondisi yang benar benar tak dapat digunakan. Jika demikian anda mau tak mau harus mengganti velg jeruji dengan yang baru. Apabila memilih velg jeruji maka pilihlah velg yang setipe dan seukuran dengan yang anda beli sebelumnya agar dapat dipasang dan berjalan dengan maksimal. Untuk menghindari kesalahan jangan pernah memaksakan ukuran jeruji yang tak sesuai dipasang di velg jeruji motor anda. Hal ini dapat membuat performa pada motor berkurang dan kenyamanan anda pun akan terganggu. Okey mungkin cukup sampai disini artikel dari saya dengan tema cara menyetel velg motor jeruji yang mengalami kerusakan, anda juga bisa membaca informasi lainnya seperti modifikasi honda beat agar kencang dan cara upgrade performa byson tanpa bore up.

Tags: #cara menyetel #menyetel velg #velg #velg jeruji #velg motor

Kata Kunci :