Tips Cara Merawat Aki Kering Pada Motor

Cara Merawat Aki Kering Sepeda Motor

Merawat aki merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh pemilik sepeda motor agar performa kendaraannya tetap  dalam kondisi prima. Aki sendiri memiliki peran penting dalam sistem kelistrikan pada motor. Sehingga apapun yang komponen apapun yang membutuhkan listrik akan sangat tergantung pada kondisi aki. Pada umumnya aki dibedakan menjadi dua yakni aki basah dan aki kering. Keduanya pun juga membutuhkan perawatan. Hanya saja perawatan aki kering memang lebih rumit jika dibandingkan dengan aki basah pada motor. Oleh karena itu disini kami akan mengulas cara merawat aki kering motor untuk anda.

Untuk mendapatkan aki kering yang awet dan tahan lama, maka perlu dilakukan perawatan yang rutin. Dengan perawatan yang baik dan benar maka aki kering pun dapat berfungsi dengan maksimal dan bisa awet tahan lama. Hal ini tentu akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi anda. Untuk mengetahui cara merawat aki motor yang mudah dan tidak ribet maka simaklah berikut ini ulasan cara merawat aki kering yang mungkin dapat anda lakukan sendiri dirumah.

Tips Cara Merawat Aki Kering Agar Awet

Cara Merawat Aki Kering

1. Memiliki aki yang tahan lama tentu saja merupakan sebuah keinginan hampir semua orang. Bahkan kebanyakan orang akan memilih mencegah adanya masalah dibanding dengan mengatasi masalah yang terkadang akan lebih rumit. Untuk menjaga aki kering agar tahan lama maka yang perlu anda lakukan setiap hari adalah pastikan anda memakai kendaraan sesering mungkin. Hal ini bermaksud supaya sistem kelistrikan memiliki kestabilan yang cukup baik. Dengan memakainya setiap hari maka secara tak langsung sistem pengisian listrik akan sering terjadi dan penyupalian listrik pun akan menjadi stabil. Jika anda merupakan seseorang yang hanya memiliki kegiatan dirumah tak usah khawatir anda hanya perlu memanasi motor setiap hari selama kurang lebi 2 hingga menit. Cara tesebut juga dapat membuat aki kering pada motor anda menjadi lebih stabil.

2. Usahakan untk menggunakan elektrik starter setiap akan berkendara terkecuali jika ingin memanasi sepeda motor pada pagi hari. Hal ini lantaran dengan memakai kick stater dipagi hari maka oli yang terdapat pada mesin motor akan lebih cepat terpompa ke seluruh bagian motor dan dapat terlumasi dengan sempurna. Perlu anda perhatikan, apabila anda tak berhasil menghidupkan motor dalam sekali starter maka jangan paksakan untuk langsung menekannya kembali. Berilah jangka waktu kurang lebih 5 hingga 10 detik, baru setelah itu lakukan penekanan kembali untuk memperoleh daya aki yang lebih stabil.

3. Tips yang harus anda lakukan untuk memperoleh aki yang tahan lama saat berkendara adalah usahakan untuk menghindari jalan yang berlubang. Hal ini karena jalan yang berlubang atau rusak dapat menimbulkan sebuah goyangan yang sangat keras pada kendaraan motor. Goyangan tersebut nyatanya dapat memicu rusaknya sel sel yang terdapat pada komponen aki jika terlalu sering melewati jalanan yang berlubang.

4. Selanjutnya adalah periksalah secara rutin bagian Kiprok. Pastikan Kiprok masih memiliki fungsi yang sempurna ataukah Tidak. Karena Kiprok adalah salah satu komponen yang cukup penting dalam sisitem penyuplaian listrik ke semua bagian komponen kendaraan.

5. Apabila daya listrik sudah melemah atau terdapat indikator lain yang menunjukkan daya listrik lemah maka jangan tuda untuk melakukan isi ulang seperlunya. Pada bagian aki kering ini alah khusus yang dignakan adalah alat yang mempunyai daya kecil dan stabil kurag lebih 0.5 ampere. Anda perlu mengisi daya aki dalam waktu 5 hingga 8 jam untuk memperoleh hasil yang sangat penuh. Namun waktu tersebut juga tergantung dengan besaran daya yang dimiliki oleh kendaraan motor anda.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan sebagai langkah menjaga agar aki tahan lama dan panjang umur. Semoga tips yang telah diulas diatas dapat memberikan manfaat yang besar bagi anda. Selain artikel dengan judul tips dan cara merawat aki kering pada motor ini, anda dapat membaca tips perawatan lainnya seperti cara menyetel velg motor jeruji.

Tags: #aki kering #aki motor #cara merawat #merawat aki

Kata Kunci :