Cara Memasang Aki Motor yang Benar

Tips Cara Memasang  Aki Motor Terlengkap

Cara Memasang Aki Motor Yang BenarPada kendaraan bermotor, aki merupakan salah satu komponen yang sangat vital. Dimana ia berperan sebagai sumber kelistrikan yang berguna untuk memberikan tenaga pada mesin agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Aki yang mengalami masalah tentunya akan berdampak kurang baik pada sepeda motor. Agar senantiasa dapat bekerja dengan baik, aki motor pun harusnya dibersihkan dan dirawat dengan baik.

Aki motor sendiri hadir dalam tiga jenis dan telah banyak tersedia di pasaran. Ketiga jenis aki tersebut ialah aki basah atau aki konvensional, aki hybrid dan aki kering atau aki Maintenance Free (aki MF). Sebagai jenis aku terbaru, aki kering rupanya merupakan jenis aki yang dibanderol dengan harga yang paling mahal jika dibandingkan dengan jenis aki lainnya.

Mahalnya aki kering rupanya sebanding dengan kualitas yang disuguhkan. Dimana aki kering ini memiliki perawatan yang cenderung lebih mudah karena tidak perlu melakukan pengecekan terhadap ketinggian air aki. Tentu hal ini sangat berbeda dengan perawatan pada aki basah dan aki hybrid.

Masa hidup dari aki motor sendiri dapat dikatakan cukup singkat, yakni berkisar satu hingga 3 tahun. Namun, panjang pendeknya masa hidup tersebut juga dipengaruhi oleh pemakaian dan perawatan dari aki. Jika aki telah melewati usia maksimal atau bahkan ditemui adanya penurunan kinerja, sebaiknya Anda segera mengganti aki lama dengan aki yang baru. Pasalnya, jika diabaikan akan berisiko adanya kerusakan pada sepeda motor. Hal kecil yang akan Anda temui ialah motor mogok atau macet.

Namun sayangnya, proses pemasangan aki kadang menjadi suatu kendala ketika memutuskan untuk mengganti aki motor yang baru. Meskipun banyak pihak yang meyakini bahwa proses penggantian ini cukup mudah, namun ada diantaranya yang kesulitan dan tidak paham betul proses penggantian aki secara terperinci. Untuk mengatasi hal tersebut, kali ini kami akan memberikan cara memasang aki motor yang benar, Simak ulasannya berikut ini.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah mencabut berbagai kabel yang menempel pada aki lama. Namun pada proses ini, hendaknya Anda memperhatikan dengan tepat dan melakukannya secara hati-hati. Kabel bermuatan negatif harus dicabut terlebih dahulu. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan melonggarkan baut pada aki, kemudian mencabut kabel-kabelnya. Usai kabel dicabut, cabutlah baterai aki. Dalam hal ini, tentunya Anda harus senantiasa berhati-hati agar air aki tidak tumpah dan mengenai kulit Anda.
  2. Langkah selanjutnya ialah melepaskan aki lama dan pasanglah aki yang baru. Mulailah memasangkan kabel-kabel yang dilepas tadi. Mengingat kabel negatif merupakan kabel yang pertama kali dilepas, jadi pada proses pemasangan ini kabel negatif harus dipasangkan paling terakhir. Setelah berhasil, tambahkanlah cairan anti korosi pada aki yang baru. Cairan korosi sendiri berfungsi untuk menghindari korosi pada terminal aki.
  3. Ketika proses pemasangan ini, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan terhadap kebersihan kabel. Jika kabel tersebut telah terkenda debu dan kotoran, sebaiknya bersihkanlah terlebih dahulu. Kemudian, sambungkanlah kembali kabel-kabel yang berkaitan hingga kokoh.
  4. Langkah terakhir ialah melakukan pengecekan kembali. Sebelum memastikan proses telah selesai, periksalah bagian regulator aki. Pastikan bahwa regulator tersebut dalam kondisi baik, namun jika mengalami kerusakan sebaiknya segera mengganti regulator tersebut sebelum memberikan dampak buruk pada kendaraan.

Itulah 4 tips dari kami dalam cara memasang aki motor yang semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk komentar, berikan saran kepada blog ini dalam penulisan tips otomotif kedepannya.

Tags: #cara memasang aki #memasang aki motor

Kata Kunci :