Penyebab Motor Tidak Dapat Di Starter dan Cara Mengatasinya

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Tidak Dapat Di Starter Terlengkap

Penyebab motor tidak dapat di starter dan cara mengatasinya – Starter merupakan langkah awal menggunakan motor. Namun ketika motor tiba-tiba tidak dapat di starter tentunya menjadi suatu permasalahan yang membuat jengkel pada penggunanya. Akibat terburuknya ialah sepeda motor tidak dapat digunakan dan tentu mengganggu Anda dalam beraktivitas. Lantas, apa penyebab motor yang tidak dapat di starter ? Simak ulasannya berikut ini.


Watter Hammer

Salah satu penyebab motor tidak dapat di starter ialah watter hammer. Watter hammer sendiri merupakan sebuah kondisi yang kemungkinan adanya air yang masuk ke dalam mesin motor secara tidak sengaja. Akibatnya, proses pembakaran pada mesin pun terhambat dan tidak mampu bekerja secara optimal. Pasalnya, adanya air pada mesin tentu tidak mampu membuat api menyala, sehingga proses pembakaran pun akan gagal karena mesin motor tidak mampu menyala.Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Tidak Dapat Di Starter Terlengkap

Lantas, bagaimana air dapat masuk ke dalam mesin ? Ada banyak penyebab air dapat masuk ke dalam mesin. Salah satunya ialah ketika sepeda motor dipaksa untuk menerjang banjir yang cukup tinggi. Dalam halini, air pun dapat masuk lewat karburator, lubang busi atau bahkan lewat knalpot. Alternatif terbaik untuk mencegah permasalahan ini ialah sebisa mungkin tidak melewati jalan dengan genangan air yang tinggi. Namun jika sudah terjadi, cara mengatasinya ialah dengan melakukan pembongkaran pada seluruh karburator dan ruang pembakaran motor, yakni pada bagian head dan squish. Hal ini bertujuan untuk membersihkan serta membersihkan mesin motor.


Busi mati

Selain watter hammer, busi yang mati atau basah juga menjadi penyebab motor tidak dapat di starter. Busi yang basah sendiri bukanlah busi yang terkena air, melainkan busi yang dipenuhi dengan bahan bakar atau oli yang menembus hingga ke ruang pembakaran. Akibatnya, api yang memiliki peran penting untuk menghidupkan mesin pun akhirnya tidak mampu mengalirkan api. Penyebab dari matinya busi sendiri cukup banyak, diantaranya :

  • Kode busi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin motor
  • Busi sudah berumur dan sudah waktunya diganti
  • Paking yang kurang baik
  • Tembusnya oli dan bensin yang terlalu banyak sehingga membuat busi basah
  • Pemilihan tipe busi yang tidak sesuai

Untuk mengatasi permasalahan ini, ada beberapa hal yang patut Anda lakukan agar motor senantiasa dapat bekerja secara optimal, yakni :

  • Menggunakan cop busi sesuai standart dan spesifikasi mesin
  • Melakukan penggantian busi dalam kurun waktu tertentu

Aki mati

Mengingat aki memiliki peran yang penting dalam menghidupkan mesin motor, jelas jika aki tersebut mati, motor pun tidak akan dapat di starter. Lantas, apa penyebab dari matinya aki tersebut ?

  • Aki yang sudah soak

Ketika aki mengalami soak, biasanya motor masih dapat di starter secara manual, yakni dengan engkol biasa. Cara mengatasinya ialah dengan melakukan pergantian aki baru.

  • Aki benar-benar mati

Bagi motor yang memiliki sistem pengapian DC, aki berperan sebagai pengatur pengapian tegangan. Oleh karena itu, jika aki benar-benar mati, maka motor pun tidak dapat di starter sedikit pun. Jika dipaksakan untuk terus di starter, maka komponen CDI pun sangat berpotensi mengalami kerusakan. Cara mengatasi permasalahan ini ialah dengan mengganti aki dengan yang baru.

Dynamo dan bendiks starter mengalami kerusakan

Starter elektrik yang tiba-tiba tidak dapat di starter biasanya terjadi pada motor berelektrik starter. Hal ini cukup menjengkelkan, mengingat ketika diperiksa keseluruhan komponen tidak mengalami masalah, baik aki dan berbagai komponen kelistrikan lainnya. Ketika menjumpai hal ini, bisa saja dynamo dan bendiks starter Anda yang mengalami permasalahan.

Pada dasarnya, kerusakan dari dua komponen yang menyebabkan motor tidak dapat di starter ini disebabkan faktor usia dan kualitas produk. Produk yang non-original biasanya memiliki kualitas yang kurang baik. Jika Anda telah menemui permasalahan ini, sebaiknya Anda segera melakukan penggantian dynamo dan bendiks starter dengan produk yang original agar mampu bertahan dalam kurun waktu yang lebih lama.

Kata Kunci :