Modifikasi Busi Standar Jadi Racing

Cara Modifikasi Busi Standar Jadi Racing

Cara Modifikasi Busi Standar Jadi Racing TerlengkapBusi merupakan salah satu komponen yang cukup vital pada sebuah kendaraan bermotor, yang mana ia merupakan komponen pengapian terakhir. Kualitas pembakaran yang baik diukur dari kualitas percikan api yang dihasilkan oleh busi tersebut. Jika busi memang telah mampu menghasilkan percikan api yang bagus dan berkualitas, maka kinerja mesin pun akan lebih optimal. Di pasaran sendiri jenis busi sudah cukup beragam, yakni busi racing, busi panas dan lain sebagainya.

Perkembangan modifikasi yang cukup pesat membuat banyak pihak mulai melakukan modifikasi terhadap busi motornya, dari yang awalnya standar diubah menjadi racing. Hal ini dilakukan untuk membuat rambatan api busi menjadi lebih optimal. Caranya ialah dengan membentuk ulang elektroda groud. Pembentukan ulang elektroda ground tersebut bertujuan agar rambatan api mampu menjangkau segala arah, sehingga proses pembakaran akan lebih optimal. Selain itu, keunggulan yang disuguhkan dari aktivitas modifikasi busi standart jadi racing ini pun cukup beragam, yakni :

  • Meminimalisir ngepos ketika mesin baru distart.
  • Loncatan bunga api akan lebih berkonsentrasi pada titik tertentu.
  • Meningkatan torsi
  • Modifikasi ini sangat disarankan untuk mesin yang memiliki kompresi tinggi.

Namun perlu diketahui, mengubah busi standar ke busi racing membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk mengatasi hal ini, tak sedikit diantaranya yang kreatif untuk memodifikasi busi standart menjadi kualitas racing. Bagaimana caranya ? Simak ulasannya berikut ini.

Cara memodifikasi busi standar jadi kualitas racing sebenarnya tidaklah sulit. Anda cukup menyiapkan tang, amplas, feeler gauge serta ragum atau semacamnya untuk menahan busi yang akan digergaji. Kemudian, ikutilah langkah-langkah di bawah ini :

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah lebarkan elektroda busi dengan menggunakan tang.
  2. Jepitlah busi menggunakan ragum dan sejenisnya.
  3. Potong bagian ujung elektroda ground sekitar 2 mm dengan menggunakan kikir, dimana pemotongan tersebut harus sedikit meruncing.
  4. Gosoklah bagian bawah elektroda dengan menggunakan amplas. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya detonasi.
  5. Dengan menggunakan kikir, rapikanlah tepi dari elektroda.
  6. Langkah terakhir ialah bengkokkanlah elektroda seperti standart pabrik dengan menggunakan feeler gauge. Jika busi yang Anda gunakan termasuk koil aftermarket, sebaiknya gap sedikit diperbesar.

Modifikasi busi standar menjadi kualitas racing telah diujicobakan oleh banyak orang dan beragam kendaraan, salah satunya ialah Vario 125 PGM F1. Hasil yang diperolehnya ialah ngepos ketika start awal sudah berkurang secara signifikan, serta kinerja tosi pun lebih meningkat sehingga performa mesin lebih powerfull.

Tags: #busi racing #busi standar #cara modifikasi #jadi racing #modifikasi busi

Kata Kunci :