Cara Mudah Memasang Kopling Hidrolik pada Sepeda Motor

cara memasang kopling hidrolik motor dengan mudahCara memasang kopling hidrolik motorKopling hidrolik merupakan komponen yang bertindak untuk melakukan pemindahan gaya dengan memanfaatkan tenaga hidrolik. Pada sepeda motor, jenis kopling ini sering kali digunakan karena diyakini mampu memberikan kenyamanan tersendiri. Pasalnya, kopling hidrolik mampu membuat si pengguna merasakan sentuhan yang lembut meskipun motornya termasuk motor gedhe sekali pun. Namun sayangnya, kopling jenis ini juga memiliki kekurangan, diantaranya ialah karet-karet seal pada silinder akan memuai jika mesin telah panas. Kerapatan silinder yang berguna untuk menekan pegas kopling pun akan berkurang, sehingga sepeda motor akan mengalami kesulitan untuk memindahkan gigi.

Ketika Anda memutuskan untuk mengganti kopling kabel dengan kopling hidrolik sebenarnya sebuah langkah yang sangat tepat. Namun tentu Anda perlu menyiapkan biaya yang tidak sedikit, mengingat biaya yang dibutuhkan memang tidak sedikit. Koling hidrolik sendiri memanfaatkan cairan hidrolik yang terdapat di bawah tekanan kopling master silinder yang berguna untuk melakukan pemindahan pelat kopling. Ketika kopling sepeda motor digerakkan, maka cairan tersebut pun turut bergerak.

Namun, salah satu hal menarik yang disuguhkan oleh kopling ini ialah kemudahan dari perawatannya. Meskipun bebas dari perawatan, namun kopling hidrolik ini berkemampuan untuk meminimalisir langkah untuk melakukan penarikan terhadap tuas kopling.

Untuk mengganti kopling kabel menjadi kopling hidrolik sebenarnya cukup mudah. Namun Anda memang harus benar-benar memahami cara kerja kabel-kabel yang dimiliki oleh kopling. Mengingat masalah-masalah yang mungkin timbul dari kopling ini ialah berasal dari mekanisme penggerak, baik kabel maupun jalur hidrolik, kopling tuas dan penyesuaian yang dibutuhkan.

Tips lainnya selainĀ cara memasang kopling hidrolik sepeda motor :

Berbeda dengan kopling pada umumnya, kopling hidrolik memiliki komponen tambahan yang dirancang sedemikian rupa hingga hampir mirip dengan garis rem. Bahkan ia juga dilengkapi dengan master dan slave silinder layaknya rem depan pada umumnya. Oleh karena itu, sepeda motor yang memiliki kopling kabel dan sudah tidak mampu bekerja dengan baik, ada baiknya segera diganti dengan kopling hidrolik yang diklaim memiliki kenyamanan tersendiri ketika digunakan.

Cara Memasang Kopling Hidrolik Motor

Terdapat 7 tips yang dapat anda lakukan dalam memasang kopling hidrolik sepeda motor, berikut langkah-langkahnya :

  1. Hal pertama yang dilakukan untuk memasang kopling hidrolik ialah tuas kopling yang merupakan pemasangan utama kopling hidrolik. Dimana penempatannya berada di stang.
  2. Sedikit longgarkan baut kedua pada tuas kopling, dimana pelonggaran tersebut disesuaikan dengan sudut letaknya stang yang berdekatan.
  3. Jika telah diperoleh sudut yang tepat dan nyaman, maka segeralah kencangkan tuas tersebut.
  4. Usai pemasangan berhasil, sesuaikanlah kopling tersebut. Dimana penyesuaian tersebut ialah membuat jarak yang tepat dari tuas untuk stang. Dimana jarak ini juga dipengaruhi ibu roda atau tuas kecil.
  5. Tarik tuas kopling sedikit dan kemudian longgarkan baut sedikit. Hal ini bertujuan agar memperoleh posisi yang lebih nyaman.
  6. Pindahkanlah tuas kecil hingga menempati jarak yang tepat.
  7. Kencangkan baut. Saat ini letak dari tuas kopling terbilang cukup dekat dengan stang, dimana kemiringannya dapat disesuaikan dengan apa yang Anda butuhkan.

Berbagai langkah-langkah di atas sebenarnya mampu membantu Anda untuk meminimalisir kesulitan yang mungkin terjadi dalam menarik tuas. Perlu diketahui, saat ini tak sedikit kopling yang memang telah dilengkapi dengan pin dan tuas yang berguna untuk melakukan pengaturan terhadap titik keterlibatan kopling. Sampai disini ulasan dari kami mengenaiĀ cara mudah memasang kopling hidrolik sepeda motor yang diharapkan dapat membantu serta bermanfaat untuk pembaca.

Tags: #kopling #kopling motor #memasang kopling

Kata Kunci :