Tips Modifikasi Mesin Motor Agar Lebih Enteng dan Kencang Tarikannya

Rumahsleman.comTips modifikasi mesin motor agar lebih enteng serta menjadi kencang tarikannya – Beberapa tips untuk memodifikasi mesin motor agar lebih enteng dan juga kencang tarikannya, untuk itu anda perlu mengetahui ada beberapa jenis yang bisa dilakukan yaitu memodifikasi hanya fokus pada tampilan atau body motor, dan yang kedua adalah memodifikasi motor agar larinya lebih kencang dan lebih cepat dari pada sebelumnya. Tentu saja, mungkin banyak yang ingin melakukan modifikasi atau ingin mencari tahu cara membuat motor kencang dengan mesin standar.

Untuk itu, bagi sebuah bengkel motor mungkin hal ini merupakan salah satu rutinitas yang banyak dilakukan yakni dengan mengoprek mesin motor supaya larinya lebih kencang dan cepat, sebagian lagi bengkel motor yang fokus untuk memodifikasi bagian tampilan saja. Untuk itu, mungkin akan menjadi kebanggaan bagi setiap pengendara sepeda motor apabila memiliki motor yang unik,berbeda dengan yang lainya, baik itu dari segi tampilan ataupun dengan performance kecepatan mesin motornya.

Tips Modifikasi Mesin Motor Agar Lebih Enteng dan Kencang TarikannyaUntuk itu, diperlukan sebuah tahap-tahap yang harus anda ketahui dalam proses mengoptimalkan atau oprek mesin motor agar memiliki lari yang lebih kencang dan lebih cepat dari pada sebelumnya dan tentunya tips dibawah ini bisa juga di coba untuk anda yang memiliki bengkel sepeda motor yang sedang dibangun atau sedang dirintis bersama teman teman anda serta team.

Berikut ini merupakan sebuah tips yang harus anda lakukan agar motor anda memiliki lari yang lebih cepat dan lebih kencang tarikannya. Untuk tahap cara membuat atau modifikasi mesin Motor supaya lebih enteng dan kencang tarikannya.

Yang pertama yakni Piston, Sparepart motor yang satu ini tentunya untuk kalangan bengkel motor atau orang yang paham pada motor merupakan hal yang paling utama untuk menjadikan motor memiliki lari yang lebih cepat lagi. Untuk pemilihan piston serta dalam mengoprek mesinnya agar larinya lebih cepat maka usahakan anda memilih piston motor yang lebih ringan dari pada standardnya atau bisa melakukan oprek sendiri pada pistonnya.

Cara supaya piston lebih ringan, tentunya anda harus potong piston bagian bawah dan juga usahakan piston yang di oprek agar lebih besar diameternya dari piston standardnya. Tujuan melakukan hal tersebut yaitu agar memiliki kekuatan ekstra pada tendangan mesin dan hal ini tentunya sudah menjadi rahasia untuk mempercepat langkah putaran mesin sehingga lebih enteng karena lebih ringan dan membuat laju motor semakin lebih cepat.

Berikutnya, yakni dengan Ruang Pembakaran, dimana anda dapat melakukan oprek pada bagian ruang pembakaran. Untuk mendapatkan kecepatan motor yang lebih cepat tentunya juga motor membutuhkan asupan hehe agar tenaga yang dihasilkan lebih ekstra. Untuk cara melakukanya yaitu anda bisa mempersempit volume ruang pembakaran dengan memotong kepala silinder, untuk pemotongan kepala silinder tersebut anda bisa menggunakan mesin gerinda sehingga nantinya kmpresi bisa meningkat dan otomotis meningkat juga kecepatan laju motor anda.

Selanjutnya, dengan melakukan lubang Pembilasan, dimana semakin banyak gas yang dimasukkan berarti kepadatan gas menjadi semakin lebih tinggi dengan begitu maka tekanan kompresi motor menjadi naik dan pembakaran menjadi lebih baik lagi. Untuk melakukan hal tersebut yaitu pada lubang pembilasan  atau pemasukkan anda bisa memperluas lagi agar jumlah gas baru yang masuk lebih banyak lagi. Untuk perluasan lubang pembilasan tersebut maka anda harus bisa memposisikan dengan normal dengan menyesuaikan modifikasi pada komponen atau bagian yang lain maksudnya yakni agar ada keseimbangan perubahaan pada bagian yang lain juga karena jika anda salah dalam merumuskan hal ini maka akan menyebabkan motor anda rusak.

Berikutnya, yakni dengan Modifikasi Pengapian Motor, untuk memodifikasi kecepatan, peran pada pengapian motor juga sangat penting , tujuannya yaitu untuk meningkatkan voltase pengapiannya dengan cara menambah tenaga listrik. Pembakaran motor pada umumnya yaitu dibekali dengan voltase 6 volt, jadi anda harus mengubahnya menjadi 12 cold. Dengan memperbesar voltase tersebut maka akan berdampak pada laju motor yang lebih cepat selain itu juga lampu lampu motor akan menjadi lebih terang, dan juga percikan bunga api pada busi akan menjadi lebih besar.

Dan berikutnya yakni Roda Gigi, untuk tahap terakhir dalam hal mempercepat sepeda motor yaitu mengubah roda gigi pada motor. Untuk mendapatkan kecepatan yang di inginkan anda bisa mengubah roda gigi belakang diganti dengan diameter yang lebih kecil,kemudian jika roda gigi diganti dengan yang lebih kecil maka tujuannya tidak lain adalah untuk memperpendek rotasi putaran roda belakang dengan posisi rantai lebih pendek dari motor standard.

Kata Kunci :