Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras

Penyebab Gigi Persneling Motor Keras dan Cara Mengatasi

RumahSleman | Penyebab dan cara mengatasi gigi persneling motor keras – Salah satu hal yang cukup menjengkelkan ketika berkendara pada sepeda motor non matic ialah persneling yang keras. Ketika akan menambah gigi, yakni dari gigi satu ke gigi dua, persneling tersebut malah netral, namun ketika proses penambahan tersebut dapat dikatakan sangat keras dan susah. Ketika menghadapi hal ini, diperkirakan ada komponen baru yang memang harus segera diganti agar motor menjadi lebih stabil. Lantas, apa penyebabnya ? Simak ulasannya berikut ini.

Rantai kendor

Bagi orang yang memiliki banyak aktivitas, rantai yang kendor terkadang luput dari perhatian. Hal ini tentu membuat kenyamanan motor menjadi berkurang. Bagaimana tidak, ketika memutuskan memindahkan gigi persneling agar berhenti, tak jarang ditemukan bahwa pengendara akan kesulitan memposisikannya pada gigi netral karena kendornya rantai tersebut. Untuk mengatasi hal ini, tentunya Anda perlu melakukan penyetelan ulang agar rantai tersebut dapat posisi yang tepat.

Mur-baut penyetel speling (jarak renggang) tuas persneling

Penyetelan speling tuas persneling tentunya harus dilakukan depan tepat. Penyetelan yang terlalu sempit membuat membuat perpindahan gigi menjadi lebih menarik namun dampak buruknya ialah akselerasi yang berjalan agak lamban. Sebaliknya, penyetelan speling yang terlalu renggang rupanya juga berdampak kurang baik karena perpindahan gigi akan lebih sulit. Hal tersebut disebabkan belum maksimalnya kerenggangan kampas namun ia sudah dipaksa untuk menggeser posisi gigi. Dampak yang akan dirasakan si pengendara ialah timbulnya entakan pada kendaraan. Penyetelan speling atau jarak renggang sendiri ialah sekitar 3 mm.

Periksa arm pendorong kopling

periksa arm pendorong koplingKetika menemui masalah gigi persneling motor yang keras, ada baiknya Anda memeriksa kondisi arm pendorong kopling. Jika ternyata komponen tersebut telah mulai mengalami kerusakan, maka dampak buruknya ialah persneling akan susah dan keras dipindahkan meskipun mur-baut speling sudah diatur dengan baik.

Pelat kopling

Jika arm pendorong kopling tidak ada masalah, nampaknya Anda perlu memeriksa pelat kopling. Kondisi pelat kopling yang sudah melengkung, dipastikan kerenggangan kopling akan menjadi kurang optimal. Akibatnya, girboks yang masih berputar tentunya akan menyulitkan tangkai pemindah dalam melakukan pergeseran drum pemindah gigi.

Baca juga artikel otomotif lainnya :

Periksa tali kopling

periksa tali koplingPenyebab gigi persneling motor keras selanjutnya ialah tali kopling yang terlalu kendur. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda kembali melakukan penyetelan agar berada dalam posisi yang pas. Atau jika tidak, bersih dan cucilah tali kopling tersebut dengan menggunakan minyak, serta berikan oli pada komponen tersebut.

Panaskan mesin

Sebelum memulai aktivitas menggunakan kendaraan, sebaiknya Anda memanaskan mesin sekitar 1 menit pada pagi hari. Pastikan bahwa mesin tersebut telah panas sebelum digunakan, caranya ialah tarik gasnya sedikit. Jika respon mesin sudah sangat responsif, maka mesin dapat dipastikan sudah mulai panas. Itulah sedikit informasi dari kami mengenai penyebab dan cara mengatasi gigi persneling motor yang keras, diharapkan artikel ini bermanfaat untuk anda.

Tags: #cara mengatasi #gigi persneling #penyebab

Kata Kunci :