Tips Memilih Ban yang Kebal Dari Kondisi Jalan Basah dan Kering

Rumahsleman – Tips memilih ban yang kebal untuk kondisi jalan basah serta kering merupakan tema yang akan saya bagikan pada artikel ini. Buat anda yang sering melakukan perjalanan di kondisi jalan basah dan kerang namun masih bingung memilih ban yang cocok, maka anda di tempat yang tepat karena setelah membaca informasi dibawah sampai habis saya yakin anda sudah tahu cara memilih ban yang kebal dari kondisi jalan kering dan basah.

Pada sepeda motor tak melulu soal komponen mesin saja yang harus diperhatikan untuk mendapatkan performa yang sempurna. Komponen yang lainnya pun juga perlukan. Selain itu mesin yang baik tak akan sempurna jika tak didukung dengan komponen pendukung lainnya yang tak kalah penting. Tak dapat dipungkiri mesin memang memiliki peran utama dalam menggerakkan motor namun komponen lainnya seperti ban pun juga harus tetap diperhatikan. Selain harus dirawat dengan baik, ketika pemasangan ban seharusnya dilakukan pemilihan ban yang berkualitas agar semua dapat berjalan dengan baik.

Hal yang perlu diperhatikan ketika membeli ban baru adalah menyesuaikan bentuk ban dengan jalan yang akan sering dilewati. Jika anda asal – asalan ketika memilih ban maka jangan salahkan jika akibat fatal nantinya akan menghampiri anda. Selain membuat performa motor menjadi tak maksimal, pemilihan ban yang asal – asalan tentu juga akan membahayakan keamanan anda dalam berkendara motor di jalan. Oleh karena itu pemilihan ban ketika akan membeli harus benar – benar diperhatikan.

Sebelum membeli ban ada hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu. Pada dasarnya jika dilihat melalui kondisi jalannya jenis ban yang dijual di pasaran di bagi menjani tiga tipe yang terdiri dari tipe ban basah atau Wet Tire, tipe ban kering atau Dry Tire dan terakhir adalah tipe ban basah dan kering atau Wet Dry Tire. Kemudian yang menjadi pertanyaan anda kali ini adalah ban tipe apakah yang cocok digunakan untuk berkendara di jalanan Indonesia. Maka berikut ini akan kami ulas tips dan trik memilih ban yang pas digunakan di Indonesia.

Tips Memilih Ban yang Kebal Dari Kondisi Jalan Basah dan Kering

Tipe ban basah atau yang disebut juga Wet Tire sangat cocok digunakan untuk berkendara di jalanan yang sering terkena basah. Bentuk dari ban basah sendiri biasanya akan banyak ditemui alur yang menjangkau sampai ke bagian tepi ban. Fungsi dari alur ini adalah untuk membersihkan air ketika ban sedang melewati jalan yang sedang digenangi air ataupun jalan basan. Namun meski kuat performa ban ini akan sedikit mengurang jika dibawa dijalanan yang kering.

Sementara untuk tipe ban kering memiliki ciri ciri yang berbanding terbalik dengan tipe ban basah. Pasalnya pada ban kering anda akan jarang menemui alur atau bahkan tidak ada. Apabila anda menggunakan ban tipe kering ini untuk mengendarai di jalan yang basah maka akan membahayakan keselamatan anda. Lantaran ban ini akan mudah untuk terpeleset dan menimbulkan sebuah kecelakaan. Sehingga ban ini memang benar – benar di desain untuk berjalan di jalan yang kering.

Dan yang terakhir adalah ban dengan tipe basah dan kering. Pada ban ini anda akan menemukan alur yang tak begitu banyak sebanyak alur yang terdapat pada ban tipe basah. Selain itu traksinya pun juga sangat bagus. Ban jenis ini dapat digunakan pada keadaan jalan basah maupun kering karena telah didesain sedemikian rupa.

Setelah membeli ban yang, anda juga harus mengetahui cara perawatannya agar awet dan tidak mudah rusak.
Baca juga : Cara Merawat Ban Motor

Sehingga dapat disimpulkan bahwa ban yang cocok digunakan di Indonesia yang memiliki iklim tropis ini adalah ban bertipe basah dan kering. Seperti yang kita ketahui Indonesia mengalami hujan dan panas yang kadang tak menentu. Sehingga untuk flesibilitas dan kenyamanan sangat dianjurkan untuk memilih ban yang bertipe basah dan kering. Bayangkan saja jika anda memilih tipe ban basah saja atau kering saja, maka nantinya anda akan direpotkan untuk mengganti ban bila musim panas tiba ataupun musim hujan tiba. Meski demikian tetap hal utama yang perlu anda perhatikan adalah kondisi jalan yang sering anda lewati ketika berkendara. Dengan memperhatikan pemilihan ban maka tentu saja anda akan menikmati performa yang sempurna dari sepeda motor anda. Sampai disini informasi dari saya, semoga tips memilih ban yang kebal dari kondisi jalan basah dan kering ini bermanfaat.

Tags: #ban motor #memilih ban

Kata Kunci :