Cara Memperbaiki Shockbreaker Motor

Cara untuk memperbaiki shockbreaker motor bukanlah hal yang sulit dilakukan oleh pengendara motor. Pada artikel ini anda akan membaca tips mudah memperbaiki shockbreaker depan pada sepeda motor yang ditulis berdasarkan pengalaman seorang mekanik yang merupakan sahabat dekat saya. Anda dapat jadikan tulisan dibawah sebagai referensi karena langkah-langkah yang tertulis sudah teruji dan saya buktikan sendiri.

Shockbreaker merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Serupa dengan komponen lainnya, shockbreaker juga memiliki ketahanan dan batas usia tertentu. Ketika telah muncul sebuah tanda-tanda kerusakan, sebaiknya komponen ini segera diperbaiki atau segera diganti baru agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Shockbreaker yang rusak dapat dikatakan wajar jika usianya memang sudah cukup lama. Namun ada faktor lain mengapa komponen ini mengalami kerusakan meskipun usianya masih seumur jagung. Tak lain karena sepeda motor digunakan untuk mengangkut barang-barang berat dan melebihi batas maksimal kendaraan, serta dapat pula terjadi karena sepeda motor tidak sengaja terperosok pada lubang jalan yang cukup dalam dan keras.

Pada kendaraan bermotor sendiri terdapat dua shockbreaker, yakni shockbreaker depan dan belakang. Shockbreaker depan sendiri berguna untuk menerka getaran dari jalan yang tidak rata agar si pengguna sepeda motor menjadi lebih nyaman ketika berkendara. Namun, melewati jalan yang tidak rata sering kali membuat shockbreaker depan menjadi lebih aus. Ausnya shockbreaker depan pada sepeda motor dapat ditandai oleh berbagai hal, diantaranya ialah mengalami kebocoran atau berubah menjadi lebih keras.

Begini Cara Memperbaiki Shockbreaker Motor

Cara Memperbaiki Shockbreaker Motor

Cara Memperbaiki Shockbreaker Motor

Ketika telah menemui tanda-tanda tersebut, maka shockbreaker depan sepeda motor tentunya harus segera melalui proses perbaikan agar tidak mengalami kerusakan terlalu parah. Cara memperbaiki bagian shockbreaker motor pun cukup mudah, sediakanlah kunci berbagai ukuran, serta waktu yang cukup, mengingat proses perbaikan ini membutuhkan waktu yang dapat dikatakan cukup lama.

Langkah awal untuk memperbaiki shockbreaker depan pada sepeda motor ialah dengan melepaskan keseluruhan bagian shockbreaker, langkah-langkahnya dapat dilihat sebagai berikut :

  1. Lepaskan roda depan sepeda motor.
  2. Lepaskan keseluruhan komponen yang terdapat pada bagian roda depan, termasuk diantaranya casing dan slebor.
  3. Tariklah shockbreaker ke arah bawah, kemudian bukalah baut penutup yang terdapat di bagian atas pipa shockbreaker.
  4. Lepaskan baut yang terdapat di bagian bawah, yang mana ia berfungsi sebagai tap oli. Jika sepeda motor tersebut termasuk jenis sepeda motor bebek,
  5. maka gunakanlah kunci jenis L untuk melepaskan baut.
  6. Lepaskanlah dari bodynya. Caranya ialah dengan membuka mur bekam dengan menggunakan T kemudi.

Usai shockbreaker berhasil dibuka, lakukanlah pemeriksaan pada tiap-tiap bagiannya. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah membersihkan spiral shockbreaker. Periksa kondisi dari spiral shockbreaker, apakah ia hanya mengalami keausan atau bahkan daya redamnya telah menurun.
  2. Bersihkan bagian tabung shockbreaker. Caranya ialah dengan mencuci tabung shockbreaker dengan menggunakan bensin. Hal ini bertujuan agar seluruh kotoran yang mengendap hilang seketika.
  3. Periksa bagian seal tabung shockbreaker. Jika komponen tersebut telah mengalami kerusakan, maka gantilah bagian seal tabung tersebut dengan barang yang baru.
  4. Langkah selanjutnya ialah dengan melakukan pemeriksaan terhadap pipa crom shockbreaker. Hal ini bertujuan untuk mengetahui adanya cacat pada bagian tersebut, contohnya goresan atau terkelupasnya bagian krom. Selain itu, lakukanlah pengecekan terhadap bagian pipa. Shockbreaker yang masih dalam kondisi baik memiliki pipa dengan kondisi yang lurus dan tidak bengkok sedikit pun.

Jika berbagai langkah di atas sudah dilakukan, pasanglah seluruh komponen shockbreaker yang telah dibongkar. Dari cara diatas lakukan dengan urut, jika anda memiliki pertanyaan bisa isi di kolom komentar dibawah. Selain informasi cara memperbaiki shoclbreaker motor ini, anda bisa membaca artikel lainnya yaitu Tips Memilih Ban Yang Kebal Untuk Kondisi Jalan Basah Serta Kering.

Tags: #cara memperbaiki #memperbaiki motor #memperbaiki shockbreaker #shockbreaker motor