Cara Modifikasi Lampu Sein Motor Agar Dapat Berkedip Cepat

Cara modifikasi lampu sein motor supaya dapat berkedip cepat ini merupakan salah satu artikel yang saya buat untuk sahabat RumahSleman. Kami telah melakukan uji coba pada motor Yamaha New Vixion lalu langkah demi langkahnya telah kami tulis disini. Anda dapat mempraktekkannya langsung pada sepeda motor karena cara modifikasi lampu sein ini sebelumnya telah di uji coba dan lampu sein dapat berkedip cepat.

Ketika berkendara di jalan raya, sering kali kita melihat sepeda motor dengan lampu sein yang berkedip lebih cepat. Biasanya, para anak motor yang berniat touring memutuskan untuk memodifikasi lampu seinnya agar memiliki kedipan cepat layaknya bus malam. Hal yang demikian biasanya ditemui pada sepeda motor sport yang sering kali digunakan untuk touring ke luar kota, contohnya Yamaha New Vixion.

Cara Modifikasi Lampu Sein Motor Agar Dapat Berkedip Lebih Cepat

Cara Modifikasi Lampu Sein Motor Agar Dapat Berkedip Lebih Cepat

Memodifikasi lampu sein dari Yamaha New Vixion sendiri sebenarnya cukup mudah dan tidak serumit yang dibayangkan. Namun perlu diketahui sebelumnya, langkah-langkah memodifikasi lampu sein agar dapat berkedip cepat yang kami sajikan ini hanya berlaku untuk tipe flasher mekanis. Oleh karena itu, jika flasher motor dari kendaraan Yamaha New Vixion Anda merupakan tipe elektronik, sebaiknya Anda menggantinya dengan flasher modif. Pembeliannya sendiri sudah cukup mudah karena telah tersedia di berbagai bengkel modifikasi motor.

  • Sebelum melakukan modifikasi, persiapkan beberapa peralatan modif flasher berikut ini :
  • Timah (kawat timah)
  • Solder
  • Kapasitor / elko 1000 uf / 16 v
  • Obeng
  • Kemampuan dasar tentang elektronik dan penyolderan komponen

Langkah-langkah memodifikasi lampu sein Yamaha New Vixion agar dapat berkedip lebih cepat :

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah mencari keberadaan flasher kendaraan. Biasanya, letak flasher untuk motor flasher sendiri berada di bagian belakang. Untuk memudahkan Anda mencari letak flasher, cukup hidupkan lampu sein, kemudian carilah asal bunyi tik-tak-tik-tak yangbiasanya ditimbulkan dari lampu sein.
  2. Lakukan pembongkaran jok belakang dari Yamaha New Vixion. Perlu Anda ketahui, flasher pada motor biasanya memiliki bentuk kotak kecil berwarna hitam yang dilengkapi dengan dua atau tiga kaki. Tak hanya itu, tertulis pula “flasher” pada kotak tersebut.
  3. Jika sudah ditemukan, bukalah casing dari flasher dengan menggunakan obeng min. Cara membukanya pun cukup mudah, yakni tinggal diputar melawan arus hingga baut tersebut lepas. Jika telah terbuka, Anda akan disuguhkan dengan penampakan bagian dalam dari flasher. Perlu diketahui, flasher sendiri memiliki 4 komponen yang terdiri dari kumparan karat yang berfungsi sebagai magnet untuk menarik pelatuk saklar menuju lampu sein yang mendapatkan aliran arus listrik sejenis, pelatuk, resistor dan terakhir, kapasitor.
  4. Langkah selanjutnya ialah lepaskan bagian kapasitornya. Caranya ialah dengan memanaskan timah dengan memanfaatkan soler yang menyambung dengan komponen penting lainnya. Cara lain yang dapat Anda lakukan ialah memotong kaki kapasitor. Usai dipotong, kaki kapasitor tersebut nantinya akan disambungkan ke kapasitor lain yang memiliki spesifiaksi 1000 uf / 16 v.
  5. Pasanglah kapasitor baru yang telah dibeli ke dalam flasher, yakni kapasitor berspesifikasi 100 uf / 16 v. Jika telah terpasang, coba jajallah pergerakan dari lampu sein Yamaha New Vixion modifikasi ini.

Berbagai langkah di atas sebenarnya tidak hanya dapat diterapkan pada sepeda motor Yamaha New Vixion, melainkan juga dapat dijajal untuk sepeda motor tipe lainnya. Tentunya dengan sedikit penyesuaian, mengingat letak komponen dari sepeda motor tipe satu dengan tipe lainnya cenderung berbeda. Sampai disini postingan dari saya mengenai cara memodifikasi lampu sein motor agar bisa berkedip lebih cepat yang diharapkan bermanfaat untuk anda.

Tags: #cara modifikasi lampu #lampu sein #lampu sein motor #modifikasi lampu sein

Kata Kunci :