Cara Merawat Motor Trail Agar Awet

Untuk cara merawat motor trail dimana memang motor trail terkenal tangguh tetapi walaupun begitu bukan berarti motor ini tidak bisa rusak. Untuk mengendarai motor trail ini memang sangantlah mengasyikkan, dan bahkan juga bisa menghilangkan stress terutama bagi mereka yang menggemari olah raga ekstrim.

Tak tanggung-tanggung bahkan, motor trail ini memang sering dijuliki sebagai motor yang kuat, lantaran bisa digunakan disegala medan seperti aspal, jalan yang becek, atau pun licin, hingga berjalan di bebatuan walaupun mototr ini tangguh, bukan berarti motor ini gak bisa rusak. Hal demikian yang harus diperhatikan pemiliknya harus tahu bagaimana cara merawat motor trail yang anda miliki denga cermat.

Cara Merawat Motor Trail Agar Awet Saat Digunakan

Bahkan, ketika kita melihat pengendara trail sedang beraksi, kesan tangguh dan jantan sangat terpancar. Tak hanya itu saja, berbagai kondisi jalan dan medan yang dilalui seakan tidak ada artinya jika menggunakan motor trail. Bahkan, berbagai bebatuan, sungai, lumpur, tanjakan, hingga jalan rusakpun bisa dilalui oleh motor ber-torsi besar ini. Tak heran dan wajar jika motor trail disebut sebagai motor yang tangguh dan kuat dibandingkan jenis motor lainnya. Tetapi tetah saja motor trail juga membutuhkan perawatan yang memadai agar tidak cepat rusak.

Ketika dalam kondisi dipakai biasanya para pemilik motor trail terkadang lebih suka membiarkan motor kesayangannya penuh lumpur. Apalagi, motor trail yang memang selalu bersentuhan dengan medan dengan jalan tanah dan basah, seperti daerah perkebunan dan perbukitan. Seiring dengan kepopuleran motor trail, sekarang ini sudah banyak kita lihat motor jenis ini melenggang gagah di jalanan kota besar.

Untuk itu, perlu diperhatikan dengan baik motor trail yang bersentuhan langsung dengan medan sulit, ataupun motor trail yang manja di jalan kota, dua-duanya butuh perawatan agar motor tidak cepat rusak dan awet. Motor yang kuat bukan berarti tidak rusak. Dan oleh karenanya, apapun jenis motornya termasuk motor trail tentu saja, tetap membutuhkan perawatan. Dan berikut adalah beberapa Tips dan Cara Perawatan Motor Jenis Trail.

Yang pertama yang harus diperhatikan yakni dengan Menjaga kebersihan motor, Anda harus tetap menjaga kebersihan motor Anda. Jangan membiarkan motor Anda dalam kondisi kotor, apalagi saat digunakan di medan yang becek dan berlumpur. Hal ini memang sengaja dilakukan, guna menghindarkan motor Anda dari karat akibat kotoran lumpur maupun air hujan.

Bagaimana Cara Perawatan Motor Trail yang Baik

Bahkan untuk kampas rem maupun kampas kopling bisa habis hanya dalam satu kali race. Selain itu juga, untuk TAC BatamCek onderdil Jangan lupa untuk selalu mengecek bagian-bagian onderdil motor trail Anda, seperti kabel kopling, seher atau piston, silinder head, karburator, upside down dan lain-lain. Langkah ini bertujuan agar power pada motor tidak berkurang saat digunakan nanti.

 

Selanjutnya dengan sering mengecek bagian rantai, Ketika setelah mengunakan, jangan lupa memberikan pelumas atau oli pada rantai motor trail Anda. Hal ini jangan sampai terlewatkan, karena bisa membuat rantai aus, dan akhirnya berdampak pada kelancaran penggunaannya.

Selanjutnya dengan mengganti Kampas rem dan kampas kopling, Untuk kampas rem dan kampas kopling juga perlu mendapat perhatian khusus. Kedua bagian ini tidak kalah penting dengan parts lainnya. Terlebih, kampas rem maupun kampas kopling bisa habis hanya dalam satu kali race.

Dan yang terakhir dengan sering memeriksa Kabel, Untuk bagian ini, hal utama yang harus diperiksa yaitu kabel pada bagian CDI maupun kabel gas. Itulah tips mengenai cara merawat motor trail supaya mesin tetap awet, jika ada yang ingin di tanyakan anda bisa isi pada kolom komentar.

Tags: #cara merawat #merawat motor #merawat trail #motor trail

Kata Kunci :