Cara Merawat Electric Starter Motor Matic

Rumahsleman – Pada kesempatan ini kami akan bagikan cara merawat electric starter motor matic yang semoga bermanfaat untuk anda, setelah sebelumnya yaitu cara melakukan perawatan terhadap knalpot original. Kami memiliki tiga tips yang dapat di praktekkan pada motor matic anda untuk merawat electric starternya agar awet dan tahan lama.

Motor matic merupakan motor yang belakangan paling banyak dipilih dan menjadi populer di kalangan masyarakat. Banyak dari mereka lebih memilih untuk menggunakan motor matic ketimbang motor bebek. Alasannya tentu saja karena penggunaan motor matic cenderung lebih enteng tarikannya dan mudah saat digunakan.

Bagaimana tidak? Motor matic bisa membuat pemakaian lebih enak karena hanya tinggal menarik dan memankan gas saja, tidak perlu memainkan gigi seperti pada motor bebek apalagi pada motor sport. Namun seiring dengan penggunaannya yang ringan dan lebih mudah, tentu saja motor matic memiliki perawatan yang berbeda dan harus anda perhatikan dengan benar dan baik.

Cara Merawat Electric Starter Motor Matic

Cara Merawat Electric Starter Motor Matic

Seperti kita ketahui bahwa motor matic memakai penggunaan electric starter yang ada motornya sehingga lebih efektif dan tidak ruwet saat digunakan. Anda dapat menghidupkan motor ketika hendak digunakan hanya dengan memakai kick starter, kemudian tinggal menarik atau menurunkan gas ketika dijalankan sesuai dengan kebutuhan anda.

Akan tetapi belakangan tentu saja anda harus memberikan perhatian lebih lanjut terhadap perawatan motor matic yang tentunya tidak sama dengan motor bebek. Motor matic memerlukan perhatian dan perawatan yang lebih apalagi pada segi starternya, yang apabila tidak dirawat dengan benar dan baik sebagaimana mestinya maka bisa mengurangi kinerja kick starter, atau dalam keadaan yang lebih parah adalah bisa membuat kick starter tak bisa dihidupkan pada motor matic anda.

Penggunaan electric starter ini memang lebih rewel apabila digunakan, hal ini terjadi karena faktor usia penggunaan dari electric starter itu sendiri atau bisa jadi karena perawatan anda salah dan jarang sekali mengantarkannya ke bengkel resmi untuk diservis. Pada umumnya, electric starter ini memakai pengendali negatif, hal tersebut lantaran pada pengendali posisitif baterainya langsung ke motor starter.

Apabila anda menekan tombol starter tersebut biasanya gejala awal yang sering terjadi jika electric starter performanya menurun adalah mengalami penyandatan, hal tersebut karena putarannya sedang nyendat atau dalam keadaan parah bisa saja tak bisa digunakan atau tak hidup. Maka dari itu anda perlu melakukan perawatan yang lebih bagus lagi untuk membuat performa electric starter tidak menurun.

Inilah Cara Merawat Electric Starter Pada Motor Matic Agar Awet

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah membersihkan konektor rangkaian motor starter. Hal ini bisa anda mulai dengan cara melepaskan soket yang terdapat pada motor, soket ini umumnya memiliki warna merah berada menjulur ke arah tombol starter. Anda bisa memakai cairan penetran untuk dapat membersihkan konektor tersebut.

Merawat Electric Starter Pada Motor Matic

Merawat Electric Starter Pada Motor Matic

Cara lainnya adalah dengan membersihkan kotoran yang menempel pada tombol starter motor matic anda. Hal ini bisa berlaku untuk setiap motor matic. Bersihkan kerak atau kotoran yang ada pada tombol starter, biasanya bisa jadi kotoran inilah yang menjadi penghambat electric starter tak bisa hidup.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek switch tuas rem, tentu saja ketika anda menghidupkan motor matic dengan menggunakan electric starter harus menarik rem dulu lantaran terdapat switch atau saklar yang ditemukan pada tuas rem.

Apabila motor matic anda tidak bisa dihidupkan electric starternya pada saat itu, maka bisa jadi ada masalah pada tuas rem motor, maka periksalah kondisi switch motor tersebut. Apabila anda sudah memastikan apabila masalah motor matic tak bisa dihidupkan karena masalah pada switch ini, maka tentu saja anda harus menggantinya. Harga yang ditawarkan untuk mengganti spare part motor yang satu ini cukup terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

Itulah tiga tips yang sudah kami berikan untuk merawat performa motor matic anda bisa lebih baik dan tahan lama atau tidak cepat mati. Semoga tips yang saya berikan ini bermanfaat buat sahabat rumahsleman yang membutuhkan.

Tags: #cara merawat #merawat electric starter #merawat motor #motor matic