Cara Mudah Perawatan Velg Sepeda Motor

Cara perawatan velg motor –┬áPada umumnya komponen yang terdapat pada sepeda motor memang memiliki peran yang sangat penting. Tak ada satu komponen pun yang boleh untuk diabaikan begitu saja. Hal ini karena masing – masing komponen memiliki fungsi tersendiri yang dapat menunjang kemampuan dari sepeda motor untuk berjalan dengan sempurna. Velg adalah bagian sepeda motor yang memiliki fungsi penting yakni sebagai penggerak motor untuk bisa maju dan juga mundur.

Selain memiliki fungsi penting untuk menggerakkan sepada motor, veleg juga dapat digunakan oleh para pengendara untuk bergaya karena dapat membuat penampilan dari sepeda motor semakin trendi. Kini dipasaran terdapat banyak sekali berbagai jenis velg dengan bermacam macam model yang dapat dipilih oleh pemilik sepeda motor untuk menunjang penampilan sepeda motor menjadi semakin gahar dan terlihat inovatif. Semakin mahal harga jual velg di pasaran maka semakin bagus pula model dan kualitas yang ditawarkan.

Akan tetapi yang perlu anda ingat adalah, sebagus dan semahal apapun velg yang terpasang pada sepeda motor anda akan sama saja cepat rusak jika tak diiringi dengan sebuah perawatan yang rutin. Perawatan memang sangat dibutuhkan pada setiap komponen sepeda motor. Hal ini bertujuan agar performa tetap maksimal dan tahan lama. Hal ini juga lah yang diperlukan pada velg. Apabila velg tak dirawat dengan baik seperti, dibiarkan dalam keadaan kotor, maka tentu saja akan menggagu penampilan gahar dari sepeda motor yang anda miliki. Selain itu tak hanya pada segi penampilan velg yang tak dirawat juga akan mengancam keselamatan anda dalam berkendara. Hal ini lantaran peran velg sebagai penggerak motor, jika tejadi penyok pada velg tentu saja keselamatan anda di jalan tidak akan terjamin.

Cara Perawatan Velg Motor

Maka dari itu untuk menjaga penampilan sepeda motor dan menjamin keselamatan anda dijalan diperlukan adanya sebuah perawatan komponen yang kerap disebut dengan kuda besi ini. Hal wajib yang harus dilakukan ketika merawat velg adalah dengan menjaga velg tetap dalam kondisi keadaan yang baik dan menggantinya ketika ditemukan sebuah masalah. Ada beberapa tips mudah yang bisa anda terapkan untuk melakukan perawatan pada velg sehingga dengan perawatan yang mudah anda dapat menikmati performa dan tampilan yang lebih sempurna.

Begini Cara Perawatan Velg Motor

Untuk menjaga velg dalam kondisi tetap baik terdapat banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan cara selalu menjaga kebersihan dari velg itu sendiri. Caranya jadwalkan pembersihan velg secara rutin. Dengan pembersihan yang dilakukan secara rutin, maka velg akan terhindar dari kotoran – kotoran, dan resiko karat akibat air yang menempel pada velg. Selain itu mengingat ini adalah musim hujan maka tingkatkan jadwal pembersihan velg karena resiko munculnya karat semakin tinggi.

Cara Mudah Perawatan Velg Sepeda Motor

Tips lainnya yang dapat anda lakukan adalah usahakan untuk menyesuaikan velg dengan ukuran ban yang dimiliki oleh motor. Hal ini karena jika velg memiliki ukuran yang lebih kecil dari ban maka velg akan mengalami penurunan saat memutar roda. Tak hanya itu tekanan udara pada ban juga akan meningkat dan akan minumbulkan sebuah masalah.

Ketika ingin mengganti ban pastikan alat dan bahan yang digunakan benar benar tepat. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan pada velg yang diakibatkan oleh bahan dan alat yang digunakan saat menggati ban. Dan tips terakhir bagi anda adalah saat berkendara jauhilah jalan jalan yang berlubang karena dengan berjalan di jalan berlubang dapat membuat velg mengalami kerusakan lebih cepat. Ditambah lagi jika berkendara dengan kecepatan tinggi akan semakin membahayakan keselamatan anda. Selain informasi cara perawatan velg motor ini, anda juga bisa membaca tips lainnya yaitu Cara Memperbaiki Velg Racing Yang Bengkok atau Cara Menyetel Velg Motor.

Tags: #cara perawatan #perawatan motor #perawatan velg #velg #velg motor