Cara Mudah Melakukan Perawatan Terhadap Knalpot Original

RumahSlemanCara melakukan perawatan knalpot original | Kendaraan roda dua tidak terlepas dari dari susunan komponen atau spare part yang menyatu satu sama lain. Pada dasarnya, berbagai komponen tersebut harus melalui proses perawatan yang teratur agar mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Tidak hanya melulu urusan mesin, perawatan berkala juga harus dilakukan pada lubang buang atau knalpot, mengingat fungsi dan perannya yang sangat vital dalam suatu kendaraan.

Knalpot sendiri merupakan sebuah komponen kendaraan yang bertugas untuk melakukan pemrosesan kembali terhadap hasil pembakaran antara bahan bakar dan oksigen yang diproses di ruang pembakaran. Hal ini bertujuan agar mampu menciptakan tenaga tambahan. Mengingat tugasnya yang cukup penting, tentu knalpot harus senantiasa dijaga dan dirawat. Jika knalpot tidak berfungsi dengan baik, maka hasil pembakaran dari mesin pun dapat dikatakan kurang maksimal. Akibatnya, kendaraan tersebut pun akan lebih boros bahan bahar. Tidak hanya itu performa mesin pun akan menurun dan tarikannya menjadi lebih berat.

Cara Perawatan Knalpot Original

Cara Perawatan Knalpot

Pada umumnya, masa hidup dari knalpot dapat dikatakan cukup lama. Namun knalpot juga kadangkala mengalami perpendekan usia karena berbagai hal. Contohnya korosi atau karat yang disebabkan adanya perbedaan suhu antara bagian dalam dan luar dari pipa knalpot. Bertindak sebagai penyalur gas sisa pembakaran, knalpot pun tentunya harus melalui perawatan yang rutin agar senantiasa berada dalam kondisi prima. Berikut langkah mudah melakukan perawatan terhadap knalpot original.

  • Panaskan mesin secukupnya

Knalpot original atau standart 4 pada umumnya bersifat tidak terlalu kering, sehingga panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran akan berdampak munculnya karat dan kekuningan. Hal ini biasanya disebabkan adanya penempelan kotoran pada knalpot yang cenderung lebih cepat. Untuk mengatasi hal ini, langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah memanaskan mesin motor secukupnya, namun jangan dalam jangka waktu yang terlalu lama.

  • Bersihkan lubang buang

Membersihkan Lubang Buang

Langkah selanjutnya ialah membersihkan lubang buang pada silencer. Caranya ialah dengan memberikan oli ke lubang tersebut secukupnya dalam jangka waktu tiap dua bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya pengeroposan pada knalpot, terutama pada bagian silencer dan leher knalpot. Memiliki peran yang penting, keropos atau bocornya knalpot akan berakibat pada munculnya suara yang buruk pada kendaraan. Selain itu, hal ini juga akan membuat performa mesin menjadi lebih menurun dan tidak bertenaga.

  • Bersihkan kotoran dengan detergen

Namun jika knalpot telah mengalami korosi, sebaiknya Anda segera membersihkan kotoran yang menempel. Bersihkanlah dengan menggunakan detergen yang kemudian dioleskan pada knalpot yang berkarat atau kotor. Oleskanlah dengan menggunakan sikat yang masih bagus. Sikatlah sekuat mungkin kotoran-kotoran yang telah menempel pada knalpot. Anda juga dapat menggunakan sikat kawat jika kotoran tersebut sudah sangat membandel.

  • Oleskan oli pada leher knalpot

Jika pipa knalpot sudah bersih, Anda masih harus tetap melakukan perawatan terhadap bagian tersebut. Caranya ialah dengan mengoleskan oli bersih pada leher knalpot secara merata. Jika telah dilakukan, panaskanlah mesin sekitar dua menit. Tujuannya ialah agar oli terserap dengan baik, serta leher knalpot akan lebih bersih seiring mengelupasnya oli yang telah kepanasan.

  • Semprotkan cairan anti karat

Perawatan knalpot original lainnya ialah dengan melakukan pengeringan terhadap knalpot yang sebelumnya kendaraan telah dicuci atau kehujanan. Usai dikeringkan, semprotkanlah cairan anti karat pada knalpot tersebut secara hati-hati.

  • Periksa lubang pembuangan air

Langkah mudah melakukan perawatan terhadap knalpot original lainnya ialah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin pada lubang pembuangan air yang terletak di bagian bawah silencer. Jika Anda menemui lubang tersebut mengalami penyumbatan, sebaiknya tusuklah dengan menggunakan lidi atau paku kecil.

  • Periksa kekencangan baut penyangga knalpot

Langkah terakhir ialah dengan memeriksa kekencangan baut penyangga knalpot. Selain itu, periksa pula kebocoran yang mungkin terjadi pada paking knalpot. Pasalnya, jika Anda mengabaikannya, maka proses pembuangan gas hasil pembakaran akan kurang baik. Dampaknya ialah kendaraan akan lebih boros terhadap bahan bakar. Selain informasi cara melakukan perawatan knalpot original ini, anda juga bisa membaca Cara Buat Knalpot Motor Keluar Api.

Tags: #knalpot motor #perawatan knalpot