Cara Menghilangkan Baret pada Motor

Langkah menghilangkan baret pada motor sebenarnya tidak sulit, cukup menggunakan 3 alat yaitu ampelas ukuran minimal 2000, kompound yang banyak dijual di bengkel ketok magic dan cairan poles merk apapun untuk menghilangkan baret. Setelah itu barulah kita memulai proses cara menghilangkan baret yang tentunya menimbulkan penyesalan bagi para pemilik kendaraan apalagi motornya baru beli dari dealer..

Baret pada motor tentunya menimbulkan suatu penyesalan tersendiri bagi si pemilik kendaraan. Terlebih lagi bagi motor yang baru keluar dari dealernya. Baret pada motor ini biasanya disebabkan adanya pergesekan dengan benda lain secara tidak sengaja. Selain itu, baret tersebut juga dapat timbul akibat kecelakaan, sehingga bodi motor tidak semulus seperti sedia kala. Seperti yang kita ketahui, makin hari pengguna sepeda motor di Indonesia semakin merangkak naik, sehingga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Cara Menghilangkan Baret Pada Motor

Cara Menghilangkan Baret Pada Motor

Ketika mengalami kecelakaan, kendaraan bermotor yang Anda miliki tentunya tidak dapat kembali seperti sedia kala meskipun telah melalui perawatan terbaik. Terlebih lagi kondisi fisik dari kendaraan itu sendiri. Goresan kecil pada fisik kendaraan akan membuat penampilan dari motor menjadi menurun. Tentu ini akan cukup merisihkan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya ? Simak ulasannya berikut ini.

Alat-alat yang perlu disiapkan :

  • Ampelas. Siapkan ampelas berukuran minimal 2000. Jika kurang dari ukuran tersebut sebenarnya masih diperbolehkan tapi ukuran lebih dari 2000 sangat dianjurkan untuk body motor.
  • Kompound. Kompound biasanya dijual di bengkel-bengkel ketok magic. Jika Anda kesulitan untuk menemukannya di bangkel, Anda dapat mencarinya di tempat modifikasi body motor atau toko bangunan. Namun perlu diketahui, tidak seluruh toko bangunan yang menyediakan produk ini.
  • Cairan poles. Anda dapat menggunakan cairan poles merk apa pun, contohnya KIT.

Langkah-langkah menghilangkan baret pada motor

  • Mencuci dan mengampelas permukaan yang baret

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan baret pada motor ialah dengan mencuci bagian tersebut hingga bersih. Basahi body motor yang baret, kemudianlah gosok-gosoklah dengan ampelas yang sebelumnya telah direndam terlebih dahulu. Ampelaslah bagian tersebut dengan gerakan satu arah secara hati-hati. Jika cara menggosoknya dari kiri ke kanan, maka terapkanlah hal ini hingga selesai. Gosoklah permukaan yang baret hingga rata, namun jangan terlalu dalam. Perlu diperhatikan, untuk penggosokan ini, sebaiknya Anda menghindari sikap terburu-buru karena akan membuat body fisik motor malah lebih parah. Usai proses pengampelasan ini selesai, keringkanlah sepeda motor dengan menggunakan kain halus.

  • Memberikan kompound halus

Setelah melalui proses pengampelasan, pastikan body motor sudah tidak memiliki baret dan permukaannya rata. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah memberikan kompound halus dan gosok-gosoklah dengan menggunakan kain halus. Lakukan hal ini hingga baret pada body fisik kendaraan sudah tidak nampak. Kemudian, bersihkanlah sisa-sisa kompound hingga bersih.

  • Poleslah dengan cairan poles

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah melakukan pemolesan terhadap body motor yang baret. Poleslah dengan menggunakan cairan poles agar nampak lebih mulus dan mengkilap. Ketika melakukan pemolesan, terapkanlah cara memutar. Hal ini bertujuan untuk menjaga cat body motor agar tetap dalam kondisi baik.

Baca juga:

Selain ketiga langkah di atas, ada cara lain untuk menghilangkan baret motor dengan lebih singkat, yakni dengan memanfaatkan tool “Fix It Pro”. Telah tersedia di pasaran, tools ini diyakini mampu menghilangkan baret secara permanen dengan waktu yang cukup singkat. Caranya ialah dengan menorehkannya di atas permukaan motor yang baret hingga hilang. Fix It Pro sendiri memiliki bentuk seperti spidol dan dapat membantu menghilangkan baret pada motor.

Tags: #baret #baret motor #menghilangkan baret

Kata Kunci :