Cara Mudah Menyetel Kopling Motor Bebek

Cara Menyetel Kopling Motor

Pertanyaan seperti bagaimana cara menyetel kopling sepeda motor  sering sekali saya dengar belakangan ini. Bagi yang masih baru mungkin akan kesulitan dalam penyetelan kopling motor. Nah pada kesempatan ini saya akan bagikan sedikit tips dalam menyetel kopling motor dengan harapan dapat membantu menjawab pertanyaan cara menyetel kopling sepeda motor tersebut.

Mengendarai motor yang memiliki sistem kopling memang dapat membuat kepercayaan diri sesorang semakin bertambah. Apalagi jika yang mengendarai adalah seorang lelaki, maka secara otomatis sisi kejantanan dan kepercayaan dirinya akan semakin meningkat. Kebiasaan seseorang untuk mengendarai sepeda bersistim kopling akan membuat orang tersebut merasa aneh jika menggunakan sepeda biasa yang tak menggunakan kopling. Alasan kebanyakan orang lebih menyukai sepeda kopling adalah karena akan membuat kesan pengendara lebih keren dan kenyamanan yang dirasakan oleh pengendara itu sendiri.

Berbeda dengan motor matic yang hanya tingga memutar gas lalu sepeda akan berjalan. Pada motor kopling pengendara dapat mengatur dan memiliki kuasa penuh untuk mengendalikan gas motor yang sedang dikendarai. Hal tersebutlah yang menjadi alsan kebanyakan orang mengapa sangat mencintai motor kopling. Akan tetapi terdapat beberapa masalah yang sering muncul pada bagian kopling motor. Masalah tersebut tak lain adalah terkait penggunaan yang terlalu sering dan menyebabkan kopling motor menjadi terkikis hingga menipis kemudian habis. Hal ini tenu saja akan mempengaruhi performa yang dimiliki oleh motor itu sendiri.

Begini Cara Menyetel Kopling Motor yang Benar

Cara Menyetel Kopling Motor

Apabila anda sudah merasakan ketidaknyamanan ketika melakukan persneling saat mengendarai motor bebek anda, maka jangan tunda lagi untuk segera mengganti kampas kopling dengan yang baru. Akan tetapi jika anda tidak inggin melakukan penggantian dan ingin lebih menghemat, maka cara lain dapat anda lakukan. Cara tersebut tak lain adaah dengan menyetel ulang kampas kopling yang sedang bermasalah.

Namun sebelum melakukan penyetelan kembali kampas kopling ada yang perlu anda ketahui terkait umur kampas kopling yang sebenarnya. Pada umumnya kampas kopling akan bertahan hingga hitungan jarak sejauh 24.000 km. Oleh karena itu untuk menghemat biaya mengganti kampas kopling dengan yang baru, menyetel kembali kampas kopling menjadi solusi yang sangat bermanfaat. Cara untuk menyetel kopling pun juga tak begitu sulit dan dapat dilakukan sendiri dirumah. Pada motor Honda suzuki dan yang lainnya kampas kopling terletak di sebelah kanan sedangkan pada motor Yamaha terletak di sebelah kiri.

Untuk mengetahui cara menyetel kopling sendiri lebih lajut, maka berikut ini akan kami informasikan terkait peralatan yang anda butuhkan dan langkah – langkah yang harus anda lakukan ketika memulai untuk menyetel kopling motor bebek.

Alat yang harus disiapkan

  1. Kunci 10-14 ( Kunci disesuaikan dengan merk agar dapat digunakan )
  2. Obeng + dan Obeng –

Langkah – langkah penyetelan kopling

  1. Pertama yang harus anda lakukan adalah mengendorkan mur pengunci baut setelan kopling menggunakan kunci ring yang diputar ke arah kiri hingga mur mengendor.
  2. Putarkan baut penyetel ke arah jarum jam atau ke arah kanan sampai terasa adanya sebuah sentuhan. Kemudian kembali lakukan putaran namun dengan berbeda arah yakni ke kiri sampai ada sentuhan kembali dan berhenti.
  3. Langkah ketiga adalah memutar kebali baut penyetel sebanyak 1/4-1/8 putaran kearah kanan.
  4. Setelah selesai kencangkan kembali mur pengunci dengan cara memutar kearah kanan hingga baut benar benar terkunci.
  5. Lakukan pengecekan terhadap penyetelan yang telah anda lakukan dengan cara berikut ini
  • Nyalakan mesin
  • operasikan persneling pada gigi satu disertai dengan menahan pedal persneling
  • Lakukan pemutaran pada gas sampai 1/4 putaran atau setidaknya 1000-2000 RPM
  • Setelah selesai lihatlah bagian roda belakang, jika penyetelan kopling anda berhasil maka ban tidak akan berputar secara terus menerus, namun jika berputar maka penyetelan belum berhasil dan masih harus melakukan langkah langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Mudah bukan menyetel kopling motor bebek? Saya yakin setelah membaca artikel ini anda sudah bisa melakukan penyetelan kopling motor tanpa bantuan orang lain karena caranya cukup mudah. Selain informasi cara menyetel kopling motor bebek ini, anda bisa membaca tips otomotif lainnya yaitu Cara Merawat Mesin Motor Injeksi atau Cara Perawatan Velg Motor.

Tags: #cara menyetel #kopling #kopling motor #menyetel kopling #menyetel motor

Kata Kunci :