Cara Merawat Performa Ban Motor Bebek Agar Awet Digunakan

Rumahsleman –¬†Perlunya merawat performa ban motor bebek agar tetap awet digunakan, saat ini banyak yang melupakan oleh para pengendara motor di Indonesia. Permasalahan sepele yang bisa membuat resiko besar bagi pengendara, yakni salah satunya dengan cara merawat ban kendaraan. Bahkan diperlukan bagi semua kendaraan yang menggunakan ban wajib merawat bannya, bila tidak ingin kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

Lantaran, banyak sekali resiko yang timbul apabila ban yang kita gunakan tidak dirawat. Untuk itu, cara merawat ban tersebut sangat mudah dan terkadang para pengendara luput akan ini semua. Hal pertama yang harus diperhatikan yakni kita harus cek tekanan angin. Tekanan angin ini kita sesuaikan juga dengan beban untuk normalnya beban yang dipakai untuk dua pengendara motor contohnya dan juga jangan sampai berlebih. Selain itu juga untuk tutup pentil juga penting. Karena untuk menutup pentil bertujuan untuk agar tidak tercemar.

Begini Cara Merawat Performa Ban Motor Agar tahan Lama

Memang untuk pentil wajib ada tutupnya, apalagi sering sekali kita jumpai terjadi ban bocor nyatanya setelah kita cek pada bagian ban tidak terjadi gelembung. Sering sekali gelembung ada pada pentil tersebut disebabkan lantaran pentil tidak tertutup. Sedangkan, untuk tutup yang digunakan bisa apa saja plastic atau apapun yang paling terpenting pentil haruslah tertutup. Dan yang sangat berpengaruh juga untuk kondisi jalan juga pengaruh dalam perawatan ban. Selain itu, jalan yang rusak juga berpengaruh yang membuat ban mudah rusak.

Tak hanya itu saja, ada juga salah satu yang dapat merusak ban. Hal ini sering sekali kita jumpai, untuk masalahnya sederhana tetapi untuk kedepannya membuat umur ban tidak lama. Sering untuk ban ketika dipasang dengan menggunakan oli pada pinggirannya. Sebenarnya hal inilah yang salah, ban kalau kita olesi oli kerap menjadi kerak ketika nanti setelah kita buka dan kerap kita jumpai pada velg menyebabkan adanya bekas ban. Hal inilah yang membuat ban akan mengalami bocor halus. Sebenarnya, lebih baik ketika ingin dipasang ban diolesi air sabun. Sabun yang digunakan bisa apa saja. Berikutnya untuk semir ban, terkadang semir juga mengandung oli, tentu saja kita harus lebih teliti lagi untuk memilih semir ban yang akan kita gunakan.

Tips Merawat ban Motor Agar Awet Digunakan

Yang terpenting juga dalam hal merawat performa ban motor bebek agar tetap awet digunakan juga jangan terlalu sering menggunakan standar samping. Selain membuat ban sebelah kiri jadi tumpuan, perlakuan itu juga bikin peredam kejut kiri cepat rusak. Serta juga jangan memarkir motor pada lokasi panas langsung. Karena material dasar ban, sinar ultraviolet yang langsung mengenai ban bisa mempercepat kekerasan ban. Akibatnya, ban jadi mudah getas. Dan juga anda juga harus menghindarkan ban dari kemungkinan terkontaminasi cairan kimia yang merusak, seperti oli dan bensin.

Itulah beberpa tips supaya ban motor awet digunakan, memang untuk Ban Motor sendiri merupakan komponen dari sepeda motor yang masa pemakaiannya bisa disesuaikan yakni dengan sakin sering sepeda motor digunakan maka semakin pendek pula masanya. Mungkin sampai disini dulu informasi dari saya, selain Cara Merawat Performa Ban Motor Bebek ini, anda juga dapat membaca tips lainnya Cara Merawat Mesin Motor Injeksi.

Tags: #ban motor #cara merawat ban #merawat ban motor #merawat performa ban