Bagaimana Cara Merawat Mesin Motor Injeksi ?

Rumahsleman –¬†Bagaimana cara merawat mesin motor injeksi yang baik? Belakangan ini ada beberapa sahabat rumahsleman yang menanyakan soal perawatan mesin motor. Mesin motor merupakan salah satu bagian penting yang memerlukan perawatan karena jika mesin mengalami kerusakan maka akan mengganggu kenyamanan berkendara. Oleh karena itu para pemilik motor harus mengetahui¬†cara merawat mesin motor injeksi.

Sepeda motor merupakan suatu hal yang sangat gampang untuk sebagian orang memilikinya, namun dalam hal merawat sebuah motor tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit yakni mulai dari mengganti Oil setiap bulan hingga mengganti ban ketika ban motor sudah mulai tipis atau habis.

Tentu saja itu semua merupakan suatu perawatan motor yang wajib dilakukan untuk setiap pemiliki motor dengan tujuan motor bisa selalu digunakan setiap saat. Untuk itu, berikut merupakan cara merawat mesin motor injeksi, supaya perfoma motor anda selalu tetap prima dan bisa awet tahan lama.

Seperti yang kita ketahui seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, motor-motor saat di Indonesia banyak yang mendapatkan pembaharuan disetiap sudut bagian motor, baik itu dari segi disain, teknologi serta fitur-fitur yang lebih modern. Tak terkecuali untuk sektor penyuplaian bahan bakar pada motor-motor saat ini yang sudah dilengkapi ataupun menggunakan Teknologi Injeksi yang akan memberikan perfoma motor yang lebih maksimal dan mengefisiensikan tingkat konsumsi bahan bakar pada motor-motor saat ini.

Cara Merawat Mesin Motor Injeksi

Begini Cara Merawat Mesin Motor Injeksi Yang Baik

Sumber : news.zing.vn

Untuk perawatan sebuah motor dengan teknologi Injeksi ini memang harus menggunakan cara-cara tertentu supaya perfoma motor selalu tetap prima. Selain itu, dengan merawat motor bertujuan untuk menjaga kinerja motor dengan sistem Injeksi supaya tetap prima dan mencegah terjadinya kerusakan pada bagian Injektornya. Perlunya diketahui untuk motor khususnya bagi yang memiliki motor berteknologi Injeksi, apabila motor telah digunakan dan telah menepuh jarak 2.000 km maka ada beberapa komponen yang perlu diganti agar tetap prima.

Sayangnya, apabila anda malas untuk melakukan perawatan pada motor injeksi anda, tentu saja akan timbul berbagai masalah yakni motor tidak akan bekerja dengan maksimal dan boros bahan bakar. Maka dari itu agar anda tidak salah dalam merawat motor injeksi anda, ada beberapa cara merawat motor injeksi agar tetap prima dan awet tahan lama. Sementara itu motor juga akan lebih nyaman saat digunakan serta perfoma motor juga akan menjadi lebih maksimal.

Hal yang perlu anda lakukan yang pertama yakni gunakan bahan bahan bakar beroktan tinggi, dengan mengunakan bahan bakar berotan 90 keatas merupakan cara merawat mesin motor injeksi paling mudah, karena dengan menggunakan bakan bakar beroktan tinggi akan menyempurnakan pembakaran dalam mesin motor anda. Sedangkan motor-motor dengan teknologi Injeksi memang dianjurkan untuk memakai bahan bakar yang beroktan 90 ketas. Hal ini disebabkan karena kinerja mesin juga akan berpengaruh, jika menggunakan bahan bakar berkualitas rendah dan akan meninggalkan kerak pada sistem injeksi serta akan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin.

Berikutnya, yakni dengan memperhatiakan kodisi AKI, motor dengan teknologi injeksi sangat bergantung pada kondisi Aki sebagai penghidup mesin pada sistem pembakarannya. Anda harus sering-sering periksa kondisi Aki motor anda supaya Aki selalu tetap terjaga. Dan jika air Aki ini kurang, tambahkan dengan Aki air yang bayak berdar di pasaran. Namun jika Aki sudah tidak menghasilkan arus listrik yang maksimal, kami sarankan lebih baik anda menggati Aki motor Injeksi anda, sebelum Aki benar-benar rusak. Oleh karena itu, dalam perawatan motor Injeksi Aki sangat lah penting, karena aki merupakan sumber Listrik untuk sistem penghidupan Pembakaran.

Baca juga : Cara Perawatan Velg Motor

Dan berikutnya dengan mengganti Oil Secara Teratur, dengan mengganti Oil ini merupakan kegiatan rutin yang harus sering diganti setiap 2 bulan sekali atau ketika motor telah menempuh jarak 1.000 km. Selain itu juga anda harus menganti juga oil Gear setiap 5.000 km untuk memaksimalkan kinerja Gear motor injkesi anda. Kemudian jangan lupa ganti juga oil shockbeker untuk kenyamanan berkendara anda, khusus untuk motor matic gantilah oil shocbeker motor matic anda setiapa 10.000 km atau jika sudah terdengar suara mendecit.

Cara merawat mesin motor injeksi ini bersumber dari pengalaman seorang mekanik di Kota Jambi. Beberapa waktu lalu kami sempat meminta tips dalam merawat mesin sepeda motor injeksi yang sekarang ini banyak digunakan. Semoga artikel yang kami buat bermanfaat untuk sahabat otomotif yang membutuhkan informasi perawatan mesin motor injeksi.

Tags: #cara merawat mesin #merawat mesin injeksi #merawat mesin motor #merawat motor injeksi #mesin motor injeksi

Kata Kunci :