Rem Tromol Belakang Motor Tidak Pakem? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Tromol Belakang Motor Tidak Pakem

Rumahsleman –┬áRem adalah salah satu komponen terpenting dalam sepeda motor. Hal ini karena rem merupakan sistem pengaman pengendara ketika mengendarai sepeda motor dengan kecepatan yang tinggi. Apabila rem mengalami masalah atau bahkan hingga tak dapat digunakan atau dalam kata lain adalah blong maka akan membahayakan keamanan anda dalam berkendaraan di jalan raya.

Bahkan rem blong juga dapat menjadi salah satu pemicu adanya kecelakaan yang cukup parah pada kendaraan bermotor. Oleh karena itu perawatan pada rem sepeda motor harus dilakukan secara rutin dan diperhatikan dengan baik dan benar. Dengan perawatan yang ritin tentu saja anda akan menikmati sensasi berkendaran yang nyaman dan aman.

Rem Tromol Belakang Motor Tidak PakemTak sedikit pengendara motor yang sering mengeluhkan terkait rem tromol belakang motor tidak pakem. Hal tersebut banyak terjadi pada rem motor yang memakai rem tromol. Masalah ini bisa saja terjadi karena perawatan yang dilakukan tidak rutin dan tidak diperhatikan dengan benar. Selain itu pemicu lainnya adalah kampas rem yang mulai rusak atau aus karena sudah dimakan oleh usia atau cara pemakaian yang kurang benar. Oleh karena itu jika anda sudah mulai merasa rem belakang anda tidak pakem sangat dianjurkan untuk memeriksa bagian kampas remnya terlebih dahulu.

Penyebab lainnya rem belakang menjadi kurang pakem adalah adanya modifikasi yang menggunakan step uderbone. Tak hanya dikeluhkan oleh para pemodifikasi awam, hal ini juga kerp menjadi keluhan oleh para pemodifikasi ahli. Cara untuk memperbaikinya tidak dapat dibilang mudah namun juga tak dapat dibilang susah. Butuh keahlian dan ketelitian tersendiri untuk memperbaiki rem belakang yang sudah muali tak pakem lagi.

Nah berikut ini akan kami ulas beberapa panduan untuk memberbaiki rem tromol belakang motor tidak pakem. Semoga hal ini dapat bermanfaat bagi anda.

Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Tromol Belakang Motor Yang Tidak Pakem

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan mengganti pirido atau kampas rem yang lama dengan yang baru. Usahakn untuk mencari kampas yang berkualitas dan tak lupa original.
Apabila kampas rem masih dalam kondisi baik dan tebal maka agar rem menjadi pakem dan tak perlu mengganti kampas adalah dengan cara mengaplas bagian keras yang terdapat dalam kampas hingga menyerupai kampas baru. Hal ini karena pada umunya kampas bagian luar akan bersentuhan langsung dengan tromol sehingga menggeras dan menyebabkan kelicinan pada lapisan kampas.

Jika dalam keadaan kotor maka bersihkan tromol secara berkala dari oli dan gesekan stempet yang biasanya berasal dari leher auntuk motor biasa dan oli sil untuk motor matic.

Cara mengatasi yang lainnya adalah dengan memodifikasi tuas rem yang berada pada tromol. Modifikasi ini dilakukan dengan memanjangkan atau mengganti tromol menggunakan persamaan dari motor lain yang memiliki tramo lebih panjang

Nah bagi anda yang mengalami permasalahan rem kurang pakem akibat modifikasi menggunakan step underbone maka beda lagi cara mengatasinya yakni engan memanjangkan bagian depan tromol dan bagian belakang lebih pendek. Jika masih dirasa kurang pakem maka dapat memanjangkan kembali bagian depan dan memendekkan lagi bagian belakang. Hal ini sama seperti dengan prinsip yang dimiliki oleh sistem pengungkit. Dimana jika bagian depa lebih panjang dan bagian belakang ebih pendek maka bagian depan akan semakin ringan ketika mengangkat beban. Sehingga untuk membuat beban semakin ringan bagian depa harus dipanjangkan dan bagian belakang lebih dipendekkan. Permasalahan rem yang kurang pakem pada langkah modifikasi underbone adalah kurangnya tenaga untuk menarik tuas yang ada pada rem belakang.

Selain informasi penyebab dan cara mengatasi rem tromol belakang motor tidak pakem ini, anda juga bisa membaca Cara Merawat Kampas Rem Motor Agar Awet.

Cara lain yang dapat anda gunakan dan dijamin ampuh adalah dengan mengoleskan sabun colek di kampas rem dan tromolnya. Usahakan untuk mengoleskan sedikit saja dan jangan terlalu tebal. Beberapa orang yang mencobanya mengaku mendapatkan hasil yang memuaskan rem dapat bekerja dengan pakem dan keamananpun menjadi lebih terjamin. Dengan adanya beberapa cara mengatasi rem tromol yang kurang pakem diatas diharapkan dapat membantu anda dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan baik dan benar.

Tags: #cara mengatasi rem tromol belakang motor tidak pakem #penyebab rem tromol belakang motor tidak pakem #rem motor #rem tromol #rem tromol motor tidak pakem

Kata Kunci :