Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor yang Cepat Panas

Cara Mengatasi Motor Cepat Panas Beserta Penyebab

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Cepat Panas

Rumahsleman.com Penyebab dan cara mengatasi mesin motor yang cepat panas –¬†Dalam menggunakan kendaraan bermotor tentu saja anda akan merasa kesal dengan adanya kenyataan bahwa mesin yang ada pada motor cepat anas. Apalagi jika sepeda motor tersebut masih dalam kondisi baru, tentu saja anda akan merasa sangat tidak nyaman untuk menggunakan sepeda motor tersebut untuk berkendaraan.

Pada dasarnya mesin adalah komponen yang paling utama untuk menggerakan semua kendaraan baik kendaraan roda dua maupun kedaraan roda 4. Panas yang ditimbulkan pada mesin biasanya akan terjadi secara perlahan lahan seiring dengan penggunaannya lebih lama. Akan tetapi tak sedikit pula yang mengalami mesin cepat masalah yang dapat menimbulkan beberapa masalah.

Bahkan panas yang terlalu cepat dapat mengakibatkan motor mati ditengah jalan karena kepanasan atau overheat. Lantas apa saja yang menyebabkan mesin motor menjadi lebih cepat memanas dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini akan kami ulas terkait penyebab dan cara mengatasi mesin motor yang mudah panas.

Sebelum membahas terkait solusi mengatasi mesin yang mudah panas. Mari kita bahas terlebih dahulu yang menjadi penyebab mesin motor menjadi lebih cepat panas.

1.Pembakaran yang tak maksimal

Penyebab dari pembakaran yang tak maksimal adalah karena adanya faktor setelah pengapian yang kurang pas. Sehingga sebelum waktu pembakaran dimuali bahan bakar yang telah diproses oleh karburator akan terbakar lebih dahulu.

2. Pemasangan angin – angin karburator dan skep yang kurang pas.

Dengan melakukan kecerobohan pemasangan skep dan angin – angin karburator yang dtidak tepat akan membuat mesin menjadi lebih mudah panas. Hal ini karena pasokan bensin yang diterima oleh karburator tidak akan sesuai dengan kondisi terlalu boros dan terlalu hemat dan akan mempengaruhi performa dari mesin motor itu sendiri. Adanya suara ledakan pada knalpot menandakan bahwa proses pembakaran yang terjadi kurang sesuai dengan yang seharusnya terjadi

3. Salah memilih Oli mesin

salah memilih oli mesin adalah penyebab motor cepat panas

Seperti yang kita ketahui setiap jenis merk motor memiliki oli yang berbeda – beda. Oli yang tak sesuai dengan merk dan jenis motor dapat memicu adanya kerak pada ruang bakar, sehingga piston akan mengalami kerusakan dan mesin motor pun menjadi lebih panas.

4. Busi aus

Akibat busa yang sudah rusak ataupun aus persikan api yang dihasilkan tak akan stabil seperti ketika masih dalam kondisi bai. Selain itu bussi yang tidak standart seperti terlalu renggang dan rapat juga dapat memicu adanya pengapian yang sangat buru. Sehingga harus diperhatikan benar benar keadaan busi motor yang anda miliki. Cara mudah untuk mengetahui busi sedang mengalami kerusakan adalah adanya suara mesin yang menggelitik, mesin tersendat sendat dan performa yang tak maskimal lagi.

5. Seher dan ring seher sudah aus

Seher atau juga bisa disebut piston ini merupakan kekuatan dari mesin otomotif. Jika terdapat kerusakan maka akan timbul kerak pada blok silinder yang menyebabkan mesin menjadi lebih cepat panas. Tanda bahwa seher atau piston ini sudah aus adalah dengan sepeda motor yang mengeluarkan asap putih dari knalpotnya.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan mesin sepeda motor menjadi lebih cepat panas dari biasanya. Untuk mengatasi hal tersebut pada dasarnya bukan lah yang sulit. Karena motor hanya perlu mendapatkan perawatan secara rutin agar terhidar dari permasalah mesin yang mudah panas.

Hal yang wajib dilakukan ketika mesin motor mesin anda sudah cepat panas adalah mengganti oli yang ada didalamnya. Pastikan merk Oli sesuai dengan jenis motor anda. Tak hanya berfungsu sebagai pelumas oli juga berfungsi untuk pendingin pada komponen mesin yang saling bergesekan, Kemudia hal kedua yang perlu anda periksa adalah piston. Pastikan piston dalam keadaan tidak terlalu rapat. Jika piston terlalu rapat aka membuat mesin anda menjadi lebih panas dan menyebabkan sebuah kemcetan

Selain meengganti oli dan juga memerikas piston, hal lain yang perlu untuk dilakukan adalah membersihkan semua kotoran yang menempal pada radiator hingga ke sela sela yang tak terlihat serta megembalikan siripnya pada posisi semula menggunakan benda kecil seperti paku secara hathati untuk menghindari kepatahan. Agar terhidar dari demu dan tak mudah patah sangat disarankan untuk menggunakan cover berkualitas baik sehingga kenyamanan anda dapat terjamin.

Perawatan rutin pada motor juga sangat berperan penting dalam menjaga mesin motor agar tak mudah panas. Terlebih jika anda bisa membongkar radiator motor anda sendiri, maka anda dapat memastikan sendiri pompa air dan kipas cairan pendingin tar telepas dari as. Dengan demikian anda dapat mengetahui dengan benar kondisi motor anda dan dapat memperkirakan bagian mana yang harus anda perbaiki untuk menghindari adanya masalah mesin motor yang panas. Semoga informasi diatas dapat membantu anda mengatasi mesin motor yang cepat panas.

Tags: #cara mengatasi motor cepat panas #motor cepat panas #penyebab motor cepat panas