Langkah-langkah Memodifikasi Klakson Motor Standart dengan Klakson TOA

Memodifikasi klakson motor standart dengan klakson TOA –┬áBagi sebagian orang, klakson dianggap sebagai hal yang tidak cukup berfungsi dalam berkendara. Namun bagi mereka, pengendara kendaraan yang sering kali berkendara jauh menganggap bahwa klakson merupakan komponen vital pada suatu kendaraan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, klakson memiliki fungsi yang sangat penting ketika berkendara, terutama bagi para sekelompok bikers yang rutin melakukan touring.

Klakson sendiri merupakan trompet elektromekanik. Atau dapat diartikan sebagai alat yang berfungsi untuk membuat para pendengarnya lebih waspada. Dalam hal ini, ia berguna sebagai sarana komunikasi ketika berkendara di jalan raya, serta untuk memberikan peringatan bagi pengendara lain yang kurang tertib atau tidak menaati peraturan lalu lintas. Selain itu, klakson juga berfungsi untuk memberi tahu pengendara lain bahwa terdapat sebuah kendaraan di sebelah mereka agar meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan.

Memodifikasi Klakson Motor Standart dengan Klakson TOA

Pada umumnya, ketika diluncurkan dari pabrik, setiap kendaraan telah dibekali dengan klakson standart yang dirasa memiliki suara yang cukup untuk memberikan peringatan terhadap pengendara lain. Namun tak sedikit diantaranya yang merasa kurang puas terkait suara dari klakson standart tersebut. Padatnya pengguna di jalan raya biasanya terkesan acuh atau bahkan tidak terdengar ketika mendapati bunyi klakson. Alasan inilah yang membuat pengendara motor pun berpikiran untuk melakukan modifikasi terhadap klakson yang dimilikinya.

Dalam memodifikasi klakson pun tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui sistem dan cara kerja dari klakson tersebut. Hal tersebut dilakukan agar hasil klakson yang diharapkan nantinya memang sesuai dengan keinginan Anda.

Jenis klakson yang sering banyak dilirik oleh para pengendara ialah klakson TOA. Dimana klakson tersebut memiliki suara yang hampir mirip dengan suara sirine polisi. Bahkan bagi para pengendara yang sedang touring, klakson ini merupakan komponen yang dianggap cukup penting.

Begini Cara Modifikasi Klakson Motor Standart Dengan Klakson TOA

Saat ini, klakson TOA sendiri telah tersedia di toko-toko aksesoris motor terdekat. Namun selain itu, toko-toko online pun telah menyediakan komponen tersebut dengan harga yang cukup bersaing.

Lantas, bagimana cara untuk melakukan pemasangan klakson ? Caranya pun cukup mudah, bahkan Anda dapat melakukannya sendiri tanpa harus mengunjungi bengkel. Berikut langkah-langkah yang dilakukan dalam memodifikasi klakson motor TOA :

  1. Sebelum mengganti klakson standart menjadi klakson TOA, pahami terlebih dahulu kabel-kabel yang tersambung.
  2. Pilih salah satu kabel yang tersedia diantara kabel-kabel yang ada yang berwarna biru, coklat dan abu-abu.
  3. Sambungkan kabel tersebut dengan kabel bawaan horn TOA yang berwarna hitam.
  4. Pilih salah satu kabel dari ketiga warna tadi yang masih tersisa untuk disambungkan ke kabel lainnya.
  5. Perhatikan kabel berwarna hitam yang keluar dari modul, pasangkanlah para aliran negatif dari baterai atau accu.
  6. Sementara itu, sambungkan kabel berwarna merah yang keluar dari model dengan aliran positif pada baterai atau accu.
  7. Pemasangan telah selesai. Silahkan uji coba klakson baru ini.

Mungkin sampai disini postingan dari saya mengenai langkah langkah dalam memodifikasi klakson motor standart menjadi klasnon TOA yang semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan dalam artikel ini kami dari tim Rumahsleman memohon maaf dan kami akan segera update agar menjadi informasi yang valid.

Tags: #klanson TOA #modifikasi klakson motor #modifikasi klakson TOA