Cara Mengatasi Suara Nembak pada Knalpot

Cara Mengatasi Suara Knalpot Nembak

Rumahsleman.com – Dengan mengatasi suara nembak pada knalpot maka akan menghilangkan suara yang dapat mengganggu kondentrasi rider dalam berkendara. Jika anda merupakan salah satu riser yang motornya mengalami suara nembak pada knalpot maka harus segera diatasi. Baca kelanjutan penyebab serta cara mengatasi suara nembak pada knalpot berikut.

Knalpot merupakan salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan bermotor. Sedikit ada hal yang salah, maka akan berdampak kurang baik pada knalpot. Ketika tidak menyeluruhnya pembakaran campuran udara dan bahan bakar, akan mengakibatkan efter burn atau pembakaran kedua yang ditandai dengan suara nembak atau meletup ketika gas yang gagal melalui proses pembakaran keluar dari knalpot.

Namun, pada dasarnya suara tembakan tersebut memang disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya ialah adanya kerusakan pada penyuplai udara bersih ke ruang pembakaran. Contohnya air srew karburator yang telah aus atau pengaturan karburator yang kurang maksimal. Faktor penyebab lainnya ialah kondisi busi yang memang sudah tidak bagus dan harus diganti.

Cara Untuk Mengatasi Knalpot Nembak

Lantas, apa penyebab dari tidak layaknya kondisi busi ? Elektroda busi yang sudah kotor biasanya disebabkan adanya kerak sisa pembakaran atau basah terkena air yang menyelimuti busi. Akibatnya, percikan api pun menjadi kurang stabil sehingga suara nembak dari knalpot pun akan muncul. Faktor penyebab lainnya ialah mur pengikat yang kurang kencang, serta packing knalpot yang mulai mengalami kerusakan. Akibatnya, akan terjadi kebocoran pada bagian gas buang sehingga muncul adanya ledakan pada knalpot.

Untuk mengatasi permasalahan suara knalpot nembak ini, ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti agar suara nembak pada knalpot tersebut hilang. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  1. Periksa angin-angin atau setelan pada karburator. Lakukan penyetelan sesuai dengan standart pabrikan motor. Pada umumnya standart tersebut berada di 2,5 hingga 3 putaran penuh. Namun hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari mesin kendaraan bermotor Anda ( Baca juga : Cara Mengatasi Karburator Banjir ) .
  2. Periksa busi motor. Sebaiknya lakukan pengecekan komponen motor secara rutin. Jika busi sudah dalam keadaan yang tidak layak, maka segera lakukan penggantian busi baru, biasanya ganti busi tiap spedometer menunjukkan angka 6000 km. Tidak hanya itu, perhatikan bahwa pengaturan ulang pada gap busi ialah 0,7 mm dengan fuller gauge.
  3. Periksa filter udara motor. Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara yang menuju karburator, sehingga campuran udara dan bahan bakar pun akan lebih kaya. Pergantian filter sendiri biasanya jika kendaraan telah menempuh jarak 15.000 km.
  4. Periksa selang vacum pada bahan bakar yang menuju ke tangki motor. Selalu pastikan bahwa selang tersebut dalam kondisi yang baik dan tidak bocor.
  5. Langkah selanjutnya ialah memeriksa AIS (Air Induction System). AIS sendiri merupakan sebuah komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk melakukan injeksi udara bersih ke lubang buang, sehingga hasil pembakarannya akan lebih baik dan ramah lingkungan. Biasanya ditemukan bahwa membran AIS yang kurang baik. Alternatif terbaiknya ialah dengan menurut selang AIS yang akan menuju lubang buang dengan menggunakan tutup pentil ban, plastik atau bahan lainnya.
  6. Adanya permasalahan pada knalpot juga dapat diatasi dengan memeriksa knalpot, baik itu ada kebocoran, pemasangan yang kurang tepat atau bahkan kondisi knalpot yang sudah tidak layak dan harus diganti.

Selain artikel cara mengatasi suara knalpot nembak ini, anda juga bisa baca cara melakukan perawatan knalpot original atau cara merawat knalpot agar tidak menguning.

Jika berbagai langkah-langkah tersebut belum dapat mengatasi permasalahan pada knalpot, maka sebaiknya Anda berkunjung ke tempat service agar permasalahan tersebut segera dipecahkan. Semoga informasi mengenai cara mengatasi suara nembak pada knalpot ini bermanfaat untuk sahabat rumahsleman. Setelah artikel ini kami masih akan membagikan informasi perawatan motor lain untuk anda.

Tags: #cara mengatasi knalpot #mengatasi knalpot nembak #mengatasi suara nembak #suara knalpot nembak #suara nembak pada knalpot