4 Penyebab Motor Boros dan Cara Mengatasi

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Yang Boros

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Boros

Penyebab motor boros dan cara mengatasi –┬áPada beberapa motor, pengendara sering mengeluhkan motor dengan konsumsi bahan bakar yang terbilang boros. Bahkan hampir tidak sedikit yang mengeluhkan permasalahan ini, dan parahnya lagi tidak diketahui penyebab dari permasalahan tersebut. Pada umumnya, konsumsi bahan bakar yang boros biasanya disebabkan tidak dirawatnya mesin dengan baik, sehingga mesin akan rusak dan tidak efisien. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Penyetelan karburator yang tidak tepat

Meskipun kendaraan bermotor dengan teknologi injeksi telah bermunculan, masih banyak ditemukan kendaraan yang menggunakan sistem karburator untuk proses pencampuran udara dan bahan bakar di dalam ruang pembakaran. Jika Anda pengguna motor yang masih menggunakan karburator dan merasakan boros bensin, sebaiknya segera periksa settingan karburator yang digunakan. Jika settingan tersebut kurang tepat, maka performa pun akan menurun, sehingga bahan bakar yang dibutuhkan pun akan lebih banyak.

Baca juga : Cara Setting Karburator Motor

Untuk mengatasi motor boros akibat masalah ini, sebaiknya Anda juga memeriksa setelan angin, setelan bensin dan setelan jarum skep. Tak hanya itu, perhatikan pula penggunaan ukuran main jet dan pilot jet atau spuyer yang pas. Settingan semua komponen yang kurang tepat ini akan mengakibatkan pemborosan bahan bakar.

Kapasitas mesin yang besar

mengatasi penyebab motor boros karena kapasitas mesin motor yang besar

Penyebab borosnya bahan bakar dari suatu kendaraan ialah kapasitas mesin atau cc yang terlalu besar. Kapasitas mesin yang besar biasanya memiliki ukuran silinder dan kubikasi yang cenderung besar pula. Hal ini lah yang mengakibatkan mesin akan lebih banyak mengonsumsi bahan bakar. Pada dasarnya, kapasitas mesin yang besar bisa disebabkan dua hal, yakni bawaan pabrik atau memang telah mengalami proses modifikasi.

Baca juga : Cara Ganti Oli Motor Sendiri

Penyebab Motor Boros Karena Settingan ECU yang Salah

Meskipun teknologi injeksi diklaim mampu menawarkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit, namun penyettingan ECU yang salah tentu berdampak buruk. Mengingat ECU yang biasa digunakan pada teknologi injeksi sendiri berguna untuk melakukan pengaturan jumlah bahan bakar dan banyaknya udara yang dicampurkan.

Namun perlu diketahui, proses penyettingan ECU ini hanya dapat dilakukan dengan menggunakan komputer. Jika pada proses penyettingan tersebut pengguna salah memasukkan variabel atau terjadi kesalahan lainnya, maka kendaraan bermotor yang Anda miliki pun akan menjadi boros. Alternatif terbaiknya ialah mengunjungi bengkel resmi yang telah memiliki pengalaman terbaik mengenai sistem injeksi. Hal tersebut dilakukan untuk mampu mendapatkan proses penyettingan yang baik.

Penyebab Motor Boros Akibat Kerak Karbon di Ruang Pembakaran

Faktor lain yang membuat kendaraan bermotor menjadi boros ialah tumpukan kerak karbon pada ruang pembakaran. Kerak karbon sendiri merupakan sisa-sisa proses pembakaran yang dapat menghambat performa dan kinerja dari mesin kendaraan. Biasanya, kerak karbon ini disebabkan oleh adanya penggunaan bahan bakar yang memiliki kualitas buruk, serta tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan bermotor.

Lantas, bagaimana cara mencegah adanya kerak pada kendaraan ?

Untuk mengatasi motor boros akibat kerak karbon di ruang pembakaran, anda bisa bersihkan kerak karbon yang terdapat pada ruang pembakaran dan head, serta pison motor dengan menggunakan pertamax. Selain pertamax, Anda juga dapat menggunakan carb cleaner.
Gunakan bahan bakar yang memang disarankan dan sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan bermotor Anda.
Gunakan bahan bakar beroktan 92, contohnya pertamax. Hal ini bertujuan untuk meruntuhkan kerak dari ruang pembakaran.

Itulah 4 penyebab motor boros dan cara mengatasinya yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Semua tips diatas sudah di coba oleh banyak orang dan terbukti dapat mengatasi motor boros menjadi irit. Jadi apa alasan anda untuk tidak mencoba cara mengatasi motor boros diatas?
Selain artikel penyebab dan cara mengatasi motor boros, anda juga bisa membaca informasi lain seperti Cara Membuat Motor Irit BBM.

Tags: #cara mengatasi boros #cara mengatasi motor boros #mengatasi motor boros #motor boros #motor yang boros #penyebab motor boros

Kata Kunci :