Cara Ganti Oli Motor Sendiri Yang Benar

Cara Mengganti Oli Motor Manual, Injeksi & Matic Yang Baik dan Benar

Mengganti oli secara rutin pada motor matic tentu menjadi perawatan rutin yang harus dilakukan oleh para pengguna sepeda motor matic. Hal ini karena dengan mengganti oli secara berkala maka motor akan memiliki kondisi yang prima dan memberikan anda performa yang sealu maksimal. Tak sedikit dari beberapa orang yang melalaikan terkait dengan mengganti oli motor. Jika hal tersebut anda lakukan maka bukan tak mungkin sepeda motor anda akan mengalami permasalahan yang cukup fatal.

Banyak orang yang memutuskan mengganti oli di bengkel – bengkel terdekat. Namun taukah anda untuk mengganti oli motor cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Ya bagi anda yang tak mengetahui caranya tentu saja akan kesulitan dan lebih memilih untuk pergi ke bengkel. Namun berikut ini kami akan mengulas cara mengganti oli motor matic yang benar sehingga anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Dengan mengganti oli sepeda motor sendiri maka tentu saja anda akan lebih menghemat biaya perawatan motor yang dapat anda alihkan untuk perawatan motor yang lainnya. Nah untuk melakukan penggantian oli sendiri, maka berikut ini alat alat yang wajib anda persiapkan.

  1. Oli motor ( Usahakan menggunakan oli motor yang telah direkomendasikan oleh paabrikan merk motor anda. Jika anda bingung maka beli lah oli di bengkel dan sebutkan oli untuk merk sepeda apa. Maka petugas bengkel akan segera memberikan oli yang anda butuhkan )
  2. Kunci motor ukuran 12
  3. Wadah untuk membuang oli motor
  4. Corong

Setelah alat anda persiapkan maka ikuti langkah langkah berikut ini dengan urut untuk mengganti oli motor matic sendiri.

Cara Ganti Oli Motor Manual, Injeksi dan Matic

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu carilah tempat yang sedikit luas untuk mengganti oli. Setelah itu usahakan motor dalam posisi standart tengah. Ambil wadah yang telah anda siapkan untuk membuang oli bekas yang nantinya akan anda keluarkan

Cara Ganti Oli Motor 1# Membuka baut Pembuangan

Untuk memulai membuang oli motor bekas, anda dapat terlebih dahulu mencari posisi lubang pembuangan oli motor. Baut pembuangan oli biasanya terdapat di bagian bawah sebelah kiri dan menghadap kesamping. Jika sudah ketemu maka lakukan pembukaan dengan menggunakan kunci 12 dengan cara memutarnya ke arah yang berlawanan dengan arah jarum jam. Apabila sudah terlepas, maka tampung oli dalam wadah dan biarkan menetes hingga oli benar benar habis dari tempat pembuangan. Selanjutnya tutup kembali baut pembuangan dengan memutar ke kanan searah jarum jam. Tips yang dapat anda lakukan pada langkah ini adalah apabila mempunyai kompresor gunakanlah untuk membersihkan oli secara tuntas. Hal ini karena kompresor memiliki daya tekan angin yang sangat kuat sehingga dapat membersihkan oli dalam pembuangan dengan tuntas.

Cara Ganti Oli Motor 2# Mencari bagian Untuk Mengisi

Kemudian setelah ditutup kembali cari bagian untuk mengisi oli motor yang biasanya terdapat di bawah step tepat di sebelah kanan disamping kipas mesin. Dengan menggunakan Obeng putar ke arah kiri dengan sekuat tenaga seperti cara membuka tempat pembuangan oli yang telah dilakukan sebelumnya.

Cara Ganti Oli Motor 3# Taruh Wadah Di Bawah Lubang Pembuangan Oli

Setelah terbuka maka gunakan corong yang telah disiapkan untuk mengisi oli pada mesin. Penggunaan corong dimaksudkan agar oli yang masuk tidak tumpah kemana mana. Hal ini lantaran lubang untuk memasukkan oli pada mesin memang sudah sangat kecil ditambah lagi posisinya juga agak mencorong kebawah sehingga untuk memasukkannya akan semakin sempit.

Cara Ganti Oli Motor 4# Gunakan Corong Untuk Mengisi Oli Pada Mesin

Terakhir anda tinggal memasukkan oli yang telah anda beli pada bak mesin motor yang telah terbuka. Usahakan tidak ada tetesan yang tersisa dan pastikan oli sudah tertuang hingga bersih. Jika sudah anda dapat menutup kembali lubang pengisian oli menggunakan baut dan obeng seperti yang dilakukan sebelumnya.

Ketahui Juga : Penyebab Oli Motor Cepat Habis

Itulah cara untuk mengganti oli sendiri. Cukup mudah dan sederhana buka untuk dilakukan sendiri. Semoga cara mengganti oli motor manual, injeksi dan matic sendiri ini dapat bermanfat bagi anda.

Tags: #cara ganti oli #ganti oli mesin #ganti oli motor #oli motor injeksi #oli motor manual #oli motor matic

Kata Kunci :