Cara Menjaga Kampas Kopling Motor Agar Tidak Cepat Habis

Tips Cara Merawat dan Menjaga Kampas Kopling Supaya Awet

Rumahsleman.comKampas kopling motor merupakan sebuah komponen penting yang ada pada motor, jika performanya sudah berkurang tentu saja pemakaian motor anda juga tidak akan terasa nyaman. Apalagi safety begitu dibutuhkan saat berkendara, bayangkan jika motor dalam keadaan tidak baik, tentu juga berbahaya, tak hanya mengurangi kenyamanan anda berkendaraan motor akan tetapi juga mengurangi rasa aman ketika menggunakan motor dengan kampas kopling yang tak stabil.

Tentu saja, selain menggunakan motor kita tentu penting untuk memperhatikan berbagai komponen yang dimiliki motor. Jangan sampai kita hanya keasyikan menggunakan motor secara terus menerus lantas lupa untuk menjaga dan merawat motor supaya tetap memiliki performa baik baik dari luar dan dalam mesin motor supaya pemakaiannya enak seperti pada saat pertama kali membeli.

Menggunakan motor secara terus menerus tentu juga bisa membuat kampas kompling motor berkurang kinerjanya seiring dengan usia motor tersebut. Apalagi jika sudah digunakan bertahun-tahun secara terus menerus sebagai teman kita untuk bepergian tentu saja penting sekali untuk memperhatikan kampas kopling motor ini.

Cara Merawat dan Menjaga Kampas Kopling Motor Agar Awet Digunakan

Aus kampas kopling motor biasanya akan berkurang jika sering digunakan, apalagi jika jalannya dalam kondisi macet, jalanan menanjak dan digunakan dengan tidak tepat. Kampas kopling motor anda bisa saja awet akan tetapi anda harus benar-benar memperhatikan beberapa hal penting. Umumnya kampas kopling bisa awet sampai 30 hingga 40 ribu kilometer bahkan bisa lebih. Akan tetapi, dengan pemakaian yang tidak tepat tanpa pencegahan tentu saja kampas kopling bisa bekurang keausannya kurang dari angka tersebut.

Cara Menjaga Kampas Kopling Motor Terlengkap

Gambar Kampas Kopling Motor Yamaha RX King

Inilah beberapa tips untuk menjaga kampas kopling supaya bisa tahan lama dan awet :

1. Perhatikan pemakaian motor anda, pastikan anda tidak memberikan tekanan setengah pada kopling ketika memang tidak diperlukan penggunaannya, hal tersebut tetap saja akan membuat kampas kopling akan menerima beban yang cukup tinggi dan akan mengurangi permukaan kopling, parahnya bahkan bisa memberikan aus pada kopling (Baca juga : Cara Menyetel Kopling Motor) .

2. Pakailah transmisi yang setara dengan kecepatan motor yang dianjurkan. Untuk motor bebek pada umumnya tak memakai rpm. Ada tata cara penggunaan transmisi kecepatan untuk setiap gigi supaya kampas kopling motor anda tetap terjaga awet. Untuk masukan gigi 1 pada motor bebek anda bisa gunakan kecepatan 20 kpj, untuk gigi 2 gunakan maksimal sampai 40 kpj, sementara pada gigi 3 bisa anda gunakan sampai 60 kpj sedangkan untuk gigi 4 anda bisa menambah kecepatan lagi pelan-pelan sampai penuh (Baca juga : Cara Mengendarai Motor Kopling) .

3. Perhatikan perpindahan gigi yang anda lakukan, anda pastikan tidak terlalu kasar saat mengambil atau melakukan perpindahan gigi. Contohnya dalam keadaan gigi 1 anda ingin meningkatkan ke gigi 2, 3 dan seterusnya atau sebaliknya ingin menurunkan gigi, maka lakukanlah dengan cara halus supaya tidak terjadi tekanan secara dadakan pada kopling motor anda.

4. Hindari untuk mengganti per kopling racing, hal tersebut karena per kopling racing biasanya keras sehingga tidak direkomendasikan untuk menjaga kampas kopling motor anda (Baca Juga : Cara Mengatasi Kopling Motor Yang Slip) .

5. Berikan jarak pada setelah kopling sebbebas mungkin, agar tuas kopling tidak mudah mengalapi terselip dan bisa membuatnya cepat habis.

Nah, begitulah cara yang bisa anda gunakan untuk dapat membuat kampas kopling motor anda tidak cepat habis sehingga tetap awet untuk digunakan sepanjang masa. Maka dari itu, supaya tidak mengeluarkan terlalu banyak uang ketika memiliki motor, anda harus benar-benar menjaga dan memberikan perawatan sedini mungkin pada motor yang anda sayangi. Semoga informasi tips cara merawat dan menjaga kampas kopling agar awet ini bermanfaaat untuk sahabat rumah sleman yang membutuhkan.

Tags: #cara menjaga kampas #cara merawat kampas #menjaga kampas kopling #merawat kampas kopling

Kata Kunci :