Cara Membuat Motor Irit dan Kencang

cara membuat motor irit dan semakin kencangMembuat motor irit dan kencang merupakan keinginan banyak pengendara, karena dalam menilai kualitas sepeda motor banyak orang akan lebih memperhatikan performa mesin motor tersebut. Setelah itu mereka pasti akan bertanya seberapa irit motor ini?

Terdapat 5 tips yang harus anda perhatikan agar motor jadi kencang namun tetap irit.

  • Porting Polish
  • Perbesar Klep
  • Majukan Timing Pengapian
  • Hindari Ban Berukuran Lebih Besar
  • Rajin Melakukan Service

Bagi para pengendara kendaraan bermotor yang senantiasa bepergian jauh, tentunya akan mampu merasakan keunggulan dan kekurangan dari motor yang dikendarainya. Biasanya hal ini mengacu pada segi performa. Bagi para pengendara atau riders yang senantiasa “ngebut” tentu akan merasa kurang puas terkait kecepatan motor yang dimilikinya. Namun selain kencang, irit juga menjadi perhatian yang cukup penting bagi riders. Bahkan meskipun telah berjamur kendaraan bermotor dengan teknologi injeksi yang menawarkan keiritan, seolah-olah masih belum mampu memuaskan penggunanya.

Cara Membuat Motor Lebih Irit dan Kencang

Bagi para riders, irit dan kecepatan merupakan perhatian utama yang perlu diperhatikan. Meskipun pihak produsen sendiri sudah menetapkan batas maksimal performa kendaraan motor yang dibutuhkan oleh konsumen, namun bukan menjadi hal yang tidak mungkin jika motor tersebut mampu berlari lebih kencang namun irit.

Cara membuat motor menjadi lebih irit dan kencang akan berguna untuk para riders yang kurang puas dengan kecepatan motor yang dimilikinya. Untuk memiliki motor irit dan kencang membutuhkan beberapa perubahan serta perawatan rutin agar performa mesin tetap stabil. Lantas, bagaimana caranya ? Simak ulasannya berikut ini.

5 Cara Membuat Motor Lebih Irit dan Kencang

  • Porting Polish

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk membuat motor irit dan mampu berlari kencang ialah porting polish. Porting Polish diterapkan pada bagian head dari kendaraan, yang bertujuan untuk memperlancar proses hisap dan buang ketika mesin tengah melakukann proses pembakaran. Dalam hal ini, Porting Polish diklaim mampu menambah nafas dan tenaga dari motor, serta membuat proses hisap dan proses pembuangan menjadi lebih optimal dan efisien.

  • Perbesar Klep

Klep biasanya digunakan untuk melakukan pengaturan pada proses penghisapan dan pembuangan pada motor 4 tak, baik in maupun ex. Dengan menerapkan hal ini, maka kendaraan bermotor akan memiliki nafas dan tenaga yang lebih panjang. Selain itu, proses pembakaran dalam mesin pun menjadi lebih efisien. Cara yang dapat dilakukan oleh riders ialah sebagai berikut :

  1. Menggunakan noken as yang berkualitas
  2. Membuat head dengan total klep yang lebih banyak, bisa 3 klep atau lebih
  3. Mengganti head dengan sistem DOHC. Hal ini diperuntukan bagi kendaraan bermotor yang masih menggunakan SOHC Dual Valve.
  • Majukan Timing Pengapian

Untuk mempercepat proses pembakaran dalam mesin dan mengefisiensikan bahan bakar yang lebih optimal, cara yang dapat Anda lakukan ialah memajukan timing pengapian. Untuk memperoleh hasil yang optimal, Anda disarankan untuk mengganti komponen-komponen yang dijelaskan sebagai berikut :

  • Koil, berfungsi untuk memperbesar api yang digunakan untuk melakukan pembakaran AFR pada ruang pembakaran.
  • CDI, Untuk mengefisiensikan bahan bakar, aturlah timing pengapian dengan menggunakan CDI.
  • Bahan bakar, Jika Anda telah memajukan timing pengapian, hindari untuk menggunakan bahan bakar premium atau beroktan 88. Pasalnya, hal ini membuat proses pembakaran menjadi kurang sempurna.
  • Hindari Ban Berukuran Lebih Besar
cara membuat motor kencang tapi irit

jangan gunakan ban berukuran lebih besar untuk membuat motor irit dan kencang

Pada kendaraan bermotor, ban standart dari produsen merupakan ukuran ban terbaik yang dipasang. Jika ingin menggantinya, Anda dapat memilih 2 ukuran di atas maupun di bawahnya. Namun perlu diperhatikan, memutuskan untuk memperbesar ban tanpa melakukan penggantian velg dan meningkatkan performa mesin akan mengakibatkan motor menjadi lebih berat, begitu pula dengan beban mesin.

  • Rajin Melakukan Servis

Service merupakan tindakan terbaik untuk tetap menjaga performa dari suatu kendaraan bermotor, baik servis mesin maupun servis karburator. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan servis motor, ialah sebagai berikut :

  1. Bersihkan karburator dengan optimal ( Baca: Cara Membersihkan Karburator Yang Kotor )
  2. Bersihkan kerak yang terdapat pada bagian klep, head dan piston
  3. Bersihkan busi. Perhatikan pula, jika busi mulai menghitam atau basah, maka sebaiknya busi segera diganti.

Cara membuat motor irit dan kencang diatas dapat diterapkan untuk motor matic maupun injeksi, hanya saja ada sedikit perubahan yang harus anda lakukan sendiri menyesuaikan dengan motor yang ingin dibuat jadi lebih irit dan kencang.

Tags: #membuat motor irit #membuat motor kencang

Kata Kunci :